alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Operasi Pora Kantor Imigrasi Makassar Catat 500 TKA di Sulsel

Mustafa Layong
Operasi Pora Kantor Imigrasi Makassar Catat 500 TKA di Sulsel
Kantor Imigrasi Klas 1 Makassar dalam sepekan terakhir ini gencar menggelar operasi Pengawasan Orang Asing (Pora). Foto : Mustafa Layong/SINDOnews

MAKASSAR - Kantor Imigrasi Klas 1 Makassar dalam sepekan terakhir ini gencar menggelar operasi Pengawasan Orang Asing (Pora). Tercatat sekira 500 tenaga kerja asing (TKA) bekerja di Sulsel, seratus diantaranya di Makassar.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Makassar, Noer Putra Bahagia mengatakan, sejak tanggal 11 Mei lalu, pihaknya terus menggelar operasi dengan sandi kerja.

Dalam kegiatan itu, tim menggelar inpeksi mendadak (sidak) bersama tim Pora setempat, Disnakertrans Sulsel, TNI, Polri, kejaksaan hingga Kesbangpol.



"Kami melaksanakan kegiatan ini sebagai wujud pelaksanaan operasi rutin Direktorat Jenderal Imigrasi yang diturunkan Kantor imigrasi seluruh Indonesia," jelas Putra saat dikonfirmasi, Jumat (18/5/2018).

Hingga operasi berakhir tadi, tim Pora telah melakukan pengawasan dan pemantauan di sejumlah kantong TKA di Sulsel. Seperti pekerja asingĀ  di PT Kawasan Industri Makassar (KIMA). Menurut Putra, sebanyak kurang lebih seratus TKA dipekerjakan di Kota Makassar.

"Ada sejumlah TKA di kawasan KIMA yang masa izin tinggalnya sudah lewat dan mereka kami sarankan memperbaharui secepatnya," jelas Putra.

Usai menggelar inpeksi di KIMA, tim Pora bergerak ke Takalar dan kawasan proyek PLTU Jeneponto. Di Takalar didapati empat WNA Tiongkok yang tidak membawa dokumen berupa paspor asli.

"Temuan di Takalar semalam sudah diperiksa dan mereka memiliki paspor yang dipegang sponsor di Surabaya. Sementara di Jeneponto clear," imbuhnya.

Putra menerangkan, dalam catatan Kantor Imigrasi, sekitarĀ  500 TKA bekerja di Sulsel, sebanyak 100-an diantaranya berada di Makassar. Mereka yang tercatat dan aktif berasal sejumlah negara, seperti Tiongkok, Korea, Jepang ,Amerika, dan Benua Eropa.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook