alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Pusat Akan Periksa Desain Surat Suara Pilgub Sulsel

Luqman Zainuddin
KPU Pusat Akan Periksa Desain Surat Suara Pilgub Sulsel
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - KPU Sulsel tengah merampungkan desain untuk surat suara Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur (Pilgub) Sulsel. Hasil desain tersebut nantinya akan diperiksa langsung di Jakarta oleh KPU RI.

Komisioner divisi data dan perencanaan KPU Sulsel Mardiana Rusli menjelaskan, bahwa saat ini foto 4 pasangan calon (Paslon) sudah ada di KPU Sulsel dan sementara dalam proses desain. Adapun foto-foto yang disetor tersebut diminta dengan bentuk variatif.

"Ada yang foto satu-satu kandidat, ada yang setor langsung gabung sama paslonnya. Kalau model pakaiannya tidak terikat, tidak harus pakai jas, yang penting sesuai dengan kaidah," kata Mardiana Rusli saat ditemui di sekretariat KPU Sulsel Jalan AP Pettarani.

Mardiana kemudian menunjukkan spesifikasi foto dan desain yang sudah disusun berdasarkan kesepakatan KPU RI. Misalnya, soal kualitas foto haruslah berukuran 300 DPI (Dot Per Inci) atau minimal 150 dengan kamera berkualitas, lalu berlatar putih untuk kepentingan pemberian background bendera merah putih.

Menurut Mardiana, khusus tahun ini, desain surat suara memang harus diselaraskan. Ana, sapaan Mardian juga menjelaskan bahwa pada periode sebelumnya, masih ada beberapa kesalahan pihak pihak percetakan yang dianggap kurang tepat dalam mendesain surat suara KPU.

"Misalnya, ada warna lain di dalam surat suara, penetapan logo KPU dan Pemda, serta kesalahan bentuk surat suara. Jadi sengaja diselaraskan karena ada unsur psikologis, kalau ada yang beda biasanya kan bisa menarik perhatian pemilih," kunci Mardiana.

Kepala sub bagian teknis KPU Sulsel Muh Asri mengimbuhkan, bahwa desain surat suara yang sementara dikerjakan pihaknya nantinya akan dibawa ke Jakarta untuk di-aprove KPU RI. Bukan hanya surat suara untuk Pilgub Sulsel, tapi surat suara 11 kabupaten/kota yang berpilkada di Sulsel.

"Nanti masternya (desain) dibawa ke KPU RI. Mereka yang akan menyetujui surat suara tersebut sudah memenuhi kaidah atau belum. Bisa ini hari atau besok (dibawa)," kata Muh Asri saat ditemui di KPU Sulsel, Minggu (20/5/2018).

Setelah KPU RI menyetujui, desai surat suara tersebut kembali akan diperiksa bersama semua paslon. Setelah itu sama-sama diparaf, untuk kemudian dicetak pada perusahaan yang memenangkan tender.

"Dibawa ke sana, aproove, kemudian diminta pasangan calon untuk aprove supaya semua kandidat menyepakati. Baru kali ini diperiksa di Jakarta, dulu percetakan yang mendesain," sebut Asri.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads