Server PPDB Error, Disdik-Diskominfo Saling Lempar Tanggung Jawab

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:28 WIB
loading...
Server PPDB Error, Disdik-Diskominfo Saling Lempar Tanggung Jawab
Disdik dan Diskominfor Makassar saling lempar tanggung jawab terkait server PPDB yang down alias error. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Sejak PPDB jalur non zonasi dibuka 1 Juli lalu, orang tua siswa mengaku masih kesulitan mengakses sistem aplikasi penerimaan siswa baru. Ironisnya, Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) terkesan saling lempar tanggung jawab terkait server PPDB yang kerap bermasalah alias error .

Mayoritas orang tua siswa mengeluhkan bahwa butuh waktu berjam-jam untuk bisa mengupload dokumen ketika ingin mendaftar. Termasuk melihat hasil seleksi PPDB jalur non zonasi yang diumumkan hari ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Makassar, Ismail Hajiali, saat dikonfirmasi menjamin server PPDB aman. Tidak ada masalah. "Kalau server, bandwich saya jamin. Insya Allah tidak ada masalah. Server kami siap," tegas Ismail, Selasa (7/7/2020).

Namun saat ditanya soal sulitnya sistem aplikasi PPDB diakses orang tua siswa, Ismail berdalih bukan tanggungjawab Dinas Komunikasi dan Informatika.



"Itu aplikasi (sehingga sulit diakses), dan itu bukan tanggungjawab Dinas Komunikasi dan Informatika. Itu tugasnya Tim IT Dinas Pendidikan dan Kementrian," dalihnya.

Sementara, Ketua Panitia PPDB Kota Makassar, Ahmad Hidayat, mengaku terus melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar untuk pembenahan server. Hal itu perlu dilakukan agar tidak lagi down meski diakses dalam jumlah besar.

"Kita terus berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika karena dia yang bertanggungjawab dengan aplikasi dan server. Suksesnya ini PPDB khusus untuk server dan aplikasi itu dari mereka," ungkapnya.

Dia pun menanggapi dalih Dinas Komunikasi dan Informatika terkait aplikasi PPDB yang dinilai bermasalah. Termasuk jaminan server aman. "Itu selalu alasannya, tapi kenapa selalu down, tidak bisa diakses orang tua siswa," tutupnya.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2617 seconds (0.1#10.140)