alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Tiga Peserta Berkebutuhan Khusus Jalani UTBK di UNM Makassar

Tim SINDOnews
Tiga Peserta Berkebutuhan Khusus Jalani UTBK di UNM Makassar
Sebanyak tiga peserta berkebutuhan khusus jalani UTBK di UNM Makassar. Foto/Istimewa

MAKASSAR - Tiga peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan kebutuhan khusus mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 pada hari ketiga di Universitas Negeri Makassar (UNM). Ketiga peserta ini diketahui penyandang disabilitas, tepatnya tuna netra.

Rektor UNM Makassar, Prof Husain Syam, mengatakan dalam pelaksanaan ujian ini dijadwalkan sebanyak empat peserta berkebutuhan khusus yang akan ujian, namun hanya tiga orang yang datang untuk mengikuti ujian tepat waktu.

"Untuk peserta yang tidak hadir pada hari ini sejauh ini belum ada informasi untuk mengikuti ujian dilain hari. Untuk peserta berkebutuhan khusus ini jumlah dan bobot soal sama dengan peserta yang normal," kata Prof Husain, Selasa (7/7/2020).



Baca Juga: Duh! Empat Peserta UTBK Unhas Kedapatan Berbuat Curang

Guru besar bidang pertanian ini menambahkan bahwa dalam pelaksanaan ujan bagi yang berkebutuhan khusus akan didampingi oleh satu orang pendamping untuk satu peserta ujian. Meski soal sama, namun perangkat lunak yang digunakan dibuat khusus untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

"Perangkat lunak yang digunakan untuk ujian ini memang secara khusus dirancang untuk peserta berkebutuhan khusus. Jadi pelaksanaan ujiannya tidak akan terganggu," jelasnya.

Untuk pendampingan ujian peserta berkebutuhan khusus ini pun langsung dari jurusan Pendidikan Luar Biasa yang ada di UNM Makassar.

Diketahui untuk pelaksanaan UTBK tahun 2020 ini, jumlah peserta yang akan melakukan ujian di UNM Makassar sebanayak 13.468 orang.



(tri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak