Simak 3 Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai

Minggu, 06 November 2022 - 18:46 WIB
loading...
Simak 3 Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Diabetes merupakan kondisi serius di mana kadar glukosa di dalam darah melonjak tinggi. Hal itu terjadi ketika tubuh tidak mampu lagi menghasilkan atau memproduksi insulin sama sekali.

Bahkan, insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas tak berfungsi efektif sehingga tak sanggup mengontrol kadar gula darah. Seseorang dengan diagnosis diabetes mungkin banyak bertanya tentang bagaimana hal itu dapat berjalan seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menenangkan perasaan, aktivitas di tempat kerja, atau bahkan saat melakukan perjalanan.

Diabetes memiliki tiga kategori yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe gestasional. Pada tipe 1, tubuh kita tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Sedangkan pada tipe 2, insulin yang dihasilkan tidak efektif atau kurang.

Sementara tipe gestasional umumnya dialami oleh wanita yang sedang mengalami kehamilan. Di mana dari ketiga tipe diabetes ini glukosa tidak lagi dapat masuk ke sel di tubuh kita, sehingga menumpuk di dalam darah. Akhirnya lambat laun hal tersebut mengarah ke gejala diabetes.

Baca juga: 4 Macam Diet Sehat yang Praktis, Nomor 3 Tidak Terlalu Ketat

Praktisi Kesehatan dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM mengutarakan, ada tiga gejala diabates yang perlu kita ketahui. Salah satu di antaranya adalah sering pergi ke toilet. “Gejala-gejalanya disebut dengan 3P.

Pertama yaitu Polifagia yaitu banyak makan, jadinya ya mudah lapar. Kedua, Polidipsia alias banyak minum jadi mudah sekali haus. Lalu, ketiga Poliuria, alias jadi banyak ke WC atau banyak pipis.

Gejala ketiga ini sering sekali terjadi oleh penderita diabetes, karena disebabkan adanya kebocoran dari urine. Jadi ada gula yang terlalu banyak sehingga turun dan akhirnya keluar di urine," terang dr. Jeff dalam keterangan tertulis belum lama ini.

Jika muncul komplikasi, dr. Jeff menjelaskan, terdapat gejala-gejala yang sering terjadi pada penderita diabetes. Seperti merasa lemas atau sering lelah dikarenakan adanya perubahan pada masuknya gula darah ke dalam sel tubuh si penderita.

Hal tersebut terjadi karena adanya kekurangan atau resistensi serta kelainan pada hormon insulin yang berfungsi memasukkan gula darah ke dalam sel tubuh sehingga menghasilkan energi. Jika tidak ada tindakan lebih lanjut, justru akan menimbulkan komplikasi.

Dokter Jeff menjelaskan bahwa cara jitu melawan diabetes yaitu dengan menyadari apa yang kita hadapi serta kemungkinan-kemungkinannya.

“Kunci suksesnya sebenarnya adalah kita tahu apa yang kita hadapi dan yang akan terjadi seperti komplikasi, tetapi jangan sampai hal ini terjadi ya. Jadi sudah kita antisipasi dulu seperti mencari edukasi tentang diabetes. Pasti kita dapat melawan diabetes dengan mengontrol gula darah,” katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)