alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jaga Netralitas, Bawaslu Sulsel Minta Penjelasan Ahli

Kurniawan Eka Mulyana
Jaga Netralitas, Bawaslu Sulsel Minta Penjelasan Ahli
Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi. Foto : Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Beberapa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel saat ini berada di Surabaya untuk meminta penjelasan dari ahli terkait dengan laporan Tim Hukum pasangan Moh Ramdhan "Danny" Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) atas sikap penolakan KPU Makassar menjalankan putusan Panwaslu Makassar hasil sidang musyawarah penyelesaian sengketa pilkada pada kontestasi Pilwalkot Makassar 2018.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengatakan, pihaknya sengaja mengambil saksi ahli dari luar Makassar, dengan tujuan untuk menjaga netralitas dalam kesaksiannya.

"Kita ambil ahli dari Surabaya. Hari ini tim sudah ketemu dengan ahli, diperiksa di Surabaya," katanya saat ditemui di kantornya, Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa (22/5/2018).

Seluruh pemeriksaan oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Sulsel dikatakannya akan rampung pada Rabu (23/5/2018) pekan ini.

Untuk itu, Laode belum ingin membeberkan hasil pemeriksaan terhadap tiga komisioner KPU Makassar yang keterangannya telah diambil, Senin kemarin.

Pihaknya pun akan merapatkan dan mengkaji terlebih dahulu hasil pemeriksaan terhadap seluruh komisioner, serta hasil keterangan dari ahli. Setelah itu, barulah hasilnya akan diumumkan ke publik.

"Hasil pemeriksaan kemarin akan dirapatkan dulu secara tertutup, setelah itu nanti kesimpulannya yang bisa diekspos," tegas Arumahi.

Selain memeriksa 2 komisioner KPU Makassar, Rabu besok Bawaslu Sulsel juga menjadwalkan pemeriksaan pada 3 komisioner Panwaslu Makassar.

Pemeriksaan tersebut terkait laporan dari tim Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) yang mempermasalahkan diprosesnya laporan pasangan DIAmi oleh Panwaslu Makassar.

"Panwas juga besok (Rabu) diperiksa karena kenapa memproses laporan pak Danny, mereka (tim Appi-Cicu) beralasan bahwa ini sudah selesai di MA. Jadi sekarang di Gakumdu ada 2 laporan. Saling lapor," tuturnya.

Nantinya Bawaslu juga akan melihat, apakah Bawaslu membutuhkan penjelasan saksi ahli terkait laporan Appi-Cicu tersebut.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads