alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perkuat Pengawasan, ATCS dan CCTV Pemkot Bakal Disinkronkan

Vivi Riski Indriani
Perkuat Pengawasan, ATCS dan CCTV Pemkot Bakal Disinkronkan
Suasana War Room Pemkot Makassar. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Keberadaan teknologi canggih seperti automatic traffic light control sistem (ATCS), pada lampu jalan dan closed circuit television (CCTV) di Kota Makassar untuk mengatur dan pengawasan lalu lintas. Kendati demikian kedua alat canggih tersebut masih berbeda tempat.

ATCS pada lampu jalan dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar sementara CCTV dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di War Room Balaikota.

Untuk memperkuat pengawasan Dishub dalam memonitoring arus lalu lintas dan lainnya, ATCS dan CCTV bakal di sinkronkan.



Kepala Dishub Kota Makassar Mario Said mengatakan, bahwa pihaknya akan menggabungkan (mensinkronkan) ATCS miliknya dengan CCTV milik Diskominfo yang ada di War Room, untuk bisa perkuat pengawasan Dinas Perhubungan Kota Makassar.

"Tahun ini kita upayakan akan mensinkronkan ATCS dan CCTV yang ada di Balaikota, ini juga alasan kita menempatkan BKO di War Room," kata Mario Said.

Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Kominfo untuk melakukan sinkronisasi ATCS dan CCTV yang berada di War Room Lantai 10 Kantor Balaikota.

"Kita harap ATCS dan CCTV tersinkronkan, ini untuk perkuat pengawasan Dishub Kota Makassar dalam memonitoring arus lalu lintas," jelas Mario Said

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Makassar Denny Hidayat mengatakan, bahwa pihaknya dengan senang hati bisa mensinkronkan antara CCTV miliknya dengan ATCS milik Dishub.

Namun demikian, dua alat canggih tersebut tidak serta merta langsung disingkronisasikan. "Kita harus survei dulu bersama Dishub dan Diskominfo untuk melihat seperti apa, tidak langsung katakan bisa," kata Denny.

Tidak hanya itu, Kata Denny, bahwa pihaknya juga mempersilahkan penempatan personel Dishub di War Room sebagai bagian dari Bawah Kendali Operasi (BKO). Bahkan instansi di luar Pemkot juga melalukan hal yang sama.

"Kita minta (penempatan BKO) Maret lalu tapi sampai sekarang belum ada, polisi saja ada BKO di kami, tapi kalau Dishub siap hari ini, kita tempatkan sekarang juga," kata Denny Hidayat.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook