Peduli Pertanian dan Perkebunan, Ganjar Didukung Emak-emak Toraja Utara

Senin, 14 November 2022 - 17:34 WIB
loading...
Peduli Pertanian dan Perkebunan, Ganjar Didukung Emak-emak Toraja Utara
Mak Ganjar Sulawesi Selatan menggelar Doa Bersama dengan masyarakat Toraja di Lolai Coffee House, Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, Senin (14/11/2022). Acara digelar untuk mendoakan kebaikan dan kemajuan negara Indonesia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TORAJA UTARA - Mak Ganjar Sulawesi Selatan menggelar doa bersama dengan masyarakat Toraja. Acara di Lolai Coffee House, Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara , Senin (14/11/2022) digelar untuk mendoakan kebaikan dan kemajuan negara Indonesia.

Koordinator Mak Ganjar Sulsel, Siti Fatimah mengatakan, ada ribuan emak-emak ambil bagian dalam momentum itu. Mereka menyelipkan doa mendapatkan pemimpin terbaik untuk menahkodai Indonesia, mampu menjawab tantangan ke depan, dan fokus mensejahterakan rakyat.

"Setelah menelaah lebih jauh, ternyata ada satu nama yang kami rasa cocok untuk memimpin Indonesia dan mampu menyejahterakanmasyarakatToraja Utara, yakni Ganjar Pranowo ," kata Siti Fatimah.

Siti Fatimah atau biasa disapa Ifath menyebut, pertimbangan emak-emak memilih Ganjar adalah karena karakter dan pembawaannya yang jujur, santai, dan apa adanya. Hal tersebut seirama dengan slogannya, “Suara rakyat adalah suara Tuhan, tuanku ya rakyat dan jabatan cuma mandat”.

"Pak Ganjar ini merupakan figur yang apa adanya, tangkas dalam menghadapi suatu permasalahan, inovatif, serta pendekatan humanis dengan masyarakat ini yang sangat kami sukai," jelas Ifath.

Sekitar 90% emak-emak Toraja Utara bekerja di sektor pertanian dan perkebunan. Ganjar memiliki pengalaman mumpuni memajukan kedua sektor tersebut demi memenuhi ketahanan pangan.

Selama periode kepemimpinan di Jateng, Ganjar mengoptimalkan program Kartu Tani agar memudahkan para petani mendapatkan pupuk bersubsidi. Hingga saat ini, sudah ada 2,5 juta dari total 2,8 juta petani memiliki Kartu Tani.

Ganjar juga membuka posko pelayanan pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian dan perkebunan yang tersebar di 35 kabupaten/kota. Ini sebagai bentuk pengawasan agar penyalurannya tepat sasaran sekaligus sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Pemberdayaan pertanian dan perkebunan juga secara masif dilakukan Ganjar melalui para penyuluh dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng. Ganjar juga mengoptimalkan lahan tak produktif dan gersang, serta mendorong peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai (pajale) dengan pelibatan Badan Riset dan Inovasi Negara (BRIN) dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Jateng.

"Hingga yang terbaru beliau berhasil membangun 1.135 embung untuk irigrasi dan air bersih di Jateng. Semoga program-program itu bisa diterapkan secara nasional agar pertanian dan perkebunan lebih maju dan sejahtera," imbuh Ifath.

Orliana Sangka, salah satu pendeta yang memimpin doa bersama lintas agama kali ini mengungkapkan kesukaannya terhadap sosok Ganjar yang mendorong kerukunan umat beragama dan toleransi. Hal ini dia alami langsung secara pribadi beberapa waktu lalu ketika menghadiri sebuah musyawarah di salah satu gereja daerah Jateng.

"Kami pernah mengadakan musyawarah besar di Semarang, kebetulan Pak Ganjar yang membuka acara dalam sinode (rapat). Sejak saat itu, saya merasa terpikat dengan Pak Ganjar. Saya berdoa kiranya kedepan apa yang menjadi cita-cita masyarakat untuk menjadikan Ganjar Presiden 2024 dapat terwujud," ucap Orliana.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)