alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Sulsel Minta Atribut Parpol dan Cakada Diturunkan

Luqman Zainuddin
Bawaslu Sulsel Minta Atribut Parpol dan Cakada Diturunkan
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel mengambil tindakan tegas. Mereka menyemprit Partai Politik (Parpol) yang terang-terangan memasang alat peraga kampanye selama bulan ramadan.

Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi menyatakan, pihaknya sudah melayangkan surat penyampaian ke seluruh pengurus parpol di tingkat Provinsi Sulsel. Isi suratnya, terkait larangan untuk melakukan kampanye, sebelum masa kampanye yang ditetapkan oleh KPU RI.

"Kami sudah surati semua pengurus Provinsi Parpol untuk menurunkan semua atribut-atribut dan alat peraganya. Suratnya kami terbitkan sejak 21 Mei dan sudah dikirim sejak kemarin (Selasa, 22/5)," ujar La Ode Arumahi saat ditemui di kantornya, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (23/5/2018).

Penerbitan surat imbauan itu, kata La Ode tidak lepas dari ramainya alat peraga yang terpasang di berbagai titik, baik di Makassar maupun daerah lain. Jumlah alat peraga tersebut pun meningkat pada bulan ramadan dengan didominasi ucapan selamat menunaikan ibadah puasa.

Pantauan SINDOnews di sejumlah titik di Makassar, alat peraga tersebut tersebar merata di jalan protokol, ruas jalan kota, maupun lorong-lorong. Ucapan selamat pada alat peraga tersebut berasal dari beragam Parpol. Dimana didalamnya ada yang mencantumkan pengurus partai, ada juga bakal calon anggota legislatif (Bacaleg).

Menurut La Ode, surat imbauan tersebut masih bersifat prefentif atau pencegahan. Hal itu perlu dilakukan mengingat masa kampanye Parpol dan Caleg baru dilakukan pada 23 September 2018 - 13 April 2019.

Selain Parpol, Bawaslu Sulsel juga mengirimkan surat penyampaian kepada calon kepada daerah (cakada) pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Sulsel terkait alat peraga ucapan selamat menunaikan ibadah puasa. Surat tersebut tertanggal Senin (21/5/2015) yang mulai disebar sejak sehari setelahnya.

"Jadi kami kasih kesempatan 1 × 24 jam untuk menurunkan alat peraga itu," tegasnya Laode.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads