Mendagri Apresiasi Strategi Pemprov dan Pemkot Makassar Lawan COVID-19

Rabu, 08 Juli 2020 - 17:58 WIB
loading...
Mendagri Apresiasi Strategi Pemprov dan Pemkot Makassar Lawan COVID-19
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian saat memberikan arahan pada Rapat Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Sulsel. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengapresiasi strategi Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar dalam menekan penyebaran COVID-19 .

Hal itu ia sampaikan saat mengikuti Rapat Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu, (8/07/2020).



Menurut mantan Kapolri ini, masyarakat diwajibkan untuk mendukung seluruh program pemerintah daerah terutama Perwali Percepatan Pengendalian COVID-19 untuk merubah image Kota Makassar sebagai episentrum COVID-19 di Sulsel.

"Bisa saja ada daerah lain mungkin lebih rendah dari Kota Makassar atau Sulsel. Tetapi sebenarnya daerah itu tinggi dari Makassar karena testingnya tidak massif dilakukan, itu malah lebih berbahya," kata Tito.

Ia menjelaskan, apa yang dilakukan Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar dalam proaktif testing COVID-19 akan membuat angka pendemi semakin meningkat. Meski demikian, hal tesebut ia nilai sebagai aksi positif. Mengingat, masyarakat yang terpapar atau tidak bisa terdeteksi.

"Kalau kita bisa mengetaui siapa yang positif dan siapa yang negatif, kita pasti tanggap untuk memisahkan yang positif langsung dikarantina supaya tidak menularkan yang lain, dibandikan kita tidak tahu sama sekali," jelasnya.

Tito juga membeberjakan teori penelitian di China dalam melawan COVID-19 . Dalam buku tersebut, yang telah dibagikan ke seluruh pimpinan daerah, penyebab utama COVID-19 sulit dibasmi karena masyarakat tidak disiplin dalam menjaga aturan Social Distancing, Physical Proximity (kedekatan fisik), dan penggunaan objek di tempat umum.

"Sering kali kita lalai dengan hal sederhana, seperti penggunaan sendok, garpu, tas, dan macam-macam. Hal ini saya minta untuk disosialisasikan, baik menggunakan struktur formal, sampai setingkat RT/RW. Dan buat program seperti Makassar Bebas Corona," pungkasnya.

Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin telah menyiapkan program dalam menekan COVID-19 dengan tiga langkah utama yakni edukasi massif, perspentif massal dan pengawasan.

Rudy menjelaskan, dalam pergerakannya ke depan ia akan menyasar 15 kecamatan, 153 Kelurahan, 900 RW, 4000an RT, 325 cafe dan resto, 415 warung kopi, 18 pasar tradisional, 11 pusat pembelanjaan atau mall serta tempat umum lainnya.

“Sesegara mungkin kita akan membentuk tim untuk memassifkan kegiatan ini yakni kita bentuk 1000 orang dari RT/RW, 1000 personil TNI Polri, unsur organisasi, seluruh camat, 14 kapolsek, 47 kepala puskesmas, seluruh lurah, Seluruh babinsa dan kambtimas akan bergerak menjalankan tiga unsur yang tadi,” jelasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1224 seconds (0.1#10.140)