alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diskoperindag Soppeng Gencar Sidak Makanan Kadaluarsa di Pasaran

Supriadi Ibrahim
Diskoperindag Soppeng Gencar Sidak Makanan Kadaluarsa di Pasaran
Pemeriksaan makanan kadaluarsa oleh petugas Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koprindag) Soppeng. Foto : Supriad Ibrahim/SINDOnews

WATAMPONE - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Soppeng melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar moderen (minimarket) dan tradisional, Kamis (24/5/2018).

Kegiatan sidak tersebut dilakukan untuk menjamin keamanan konsumsi masyarakat selama bulan suci ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri atau lebaran mendatang.

"Ini sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Kosumen. Ini akan kita lakukan selama ramadan hingga lebaran nanti," kata Kadinas Koprindag Kabupaten Soppeng, A Makkaraka.

Sidak ini dijelaskan merupakan bentuk pengawasan yang dilakukan secara terpadu terhadap peredaran makanan kadaluarsa. Hanya saja, hingga saat ini belum ada yang ditemukan, baik yang mengandung bahan berbahaya lainnya seperti formalin.

"Tadi kami sudah keliling ke sejumlah pasar dan swalayan serta toko belum ada kita temukan yang kadaluarsa. Barang yang kita dapat itu semua layak komsumsi," jelasnya.

Kepala Seksi Distribusi Perdagangan, Matahari menambahkan, selama kegiatan ini dilaksanakan setiap jajanan makanan harus diperiksa. Jika ada temuan yang berkadaluarsa maka akan ditarik dari peredaran.

"Kepada pengecer dan penjual yang kedapatan menjual dagangan yang telah kadaluarsa diberikan peringatan dan pernyataan untuk tidak lagi melakukan hal serupa dikemudian hari. Apabila masih mengulangi perbuatan serupa maka akan dikenakan hukuman sesuai peraturan perundang-undangan," tegasnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads