TOPIK TERPOPULER

Ketua PDIP Sulsel Ajak Mahasiswa dan Emak-emak di Makassar Budidaya Tanaman Pisang

Anicolha
Ketua PDIP Sulsel Ajak Mahasiswa dan Emak-emak di Makassar Budidaya Tanaman Pisang
Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sulsel, Andi Ridwan Wittiri saat memberikan sambutan di acara budidaya tanaman pisang di Makassar, Selasa (22/11/2022). Foto: Istimewa

Makassar - Ketua PDI Perjuangan Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Ridwan Wittiri mengajak puluhan mahasiswa dan emak-emak di Makassar untuk membudidayakan tanaman pisang. Selain mengandung banyak protein juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan saat menyampaikan sambutannya secara daring pada kegiatan Budidaya Tanaman Pisang bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Hotel Claro Makassar, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: Kasus Beras Bulog 500 Ton Raib dari Gudang, Polres Pinrang Periksa 5 Saksi

Menurutnya, pisang adalah buah yang paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Bahkan tingkat konsumsi buah pisang cukup tinggi diiringi dengan peningkatan produksinya yang cenderung meningkat setiap tahunnya.

“Di Sulsel merupakan sentra produksi pisang terbaik di Indonesia karena memiliki geografis yang sangat mendukung untuk pertumbuhan tanamnya,” katanya.



Dia menyebutkan, dari tahun ke tahun kebutuhan pangan mengalami peningkatan sejalan dengan bertumbuhnya jumlah penduduk. “Maka dari itu peningkatan produksi tanaman pisang perlu ditingkatkan baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya,” ujarnya.

Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PDI Perjuangan itu pun mengucapkan terima kasih kepada BRIN atas pelaksanaan kegiatan ini karena akan membawa manfaat yang baik bagi masyarakat karena di Sulawesi Selatan. 

Baca juga: Petani di Kolaka Utara Sumringah, Harga Cengkih Tembus Rp120.000 Per Kg

Selain itu, banyak makanan tradisional khas dari Sulawesi Selatan yang berbahan dasar buah pisang seperti Pisang Epe', Es Pallu Butung, Barongko, Pisang Ijo, dan masih banyak yang lainnya yang dapat menjadikan kesempatan emas bagi masyarakat untuk mengolah dan memproduksi untuk dijual.

“Dengan demikian budidaya pisang ini akan meningkatkan hasil perekonomian untuk masyarakat di Sulawesi Selatan,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementrian Lembaga Masyarakat Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Dadan Nugraha bersama Peneliti Ahli Utama BRIN, Puspita Deswina.

Selain dihadiri mahasiswa dan emak-emak juga turut hadir petani pisang, dan pemerhati budidaya tanaman pisang.



(nic)

TULIS KOMENTAR ANDA!