Dokter Spesialis Anak: Penting Konsultasi Proses Kelahiran Pertama bagi Calon Ibu

Rabu, 23 November 2022 - 22:23 WIB
loading...
Dokter Spesialis Anak: Penting Konsultasi Proses Kelahiran Pertama bagi Calon Ibu
Konsultasi secara berkelanjutan kepada dokter spesialis anak guna persiapan kehamilan dan proses kelahiran pertama merupakan hal penting bagi calon ibu. Foto ist
A A A
SEMARANG - Konsultasi secara berkelanjutan kepada dokter spesialis anak guna persiapan kehamilan dan proses kelahiran pertama merupakan hal penting bagi calon ibu.

Sebab, konsultasi secara teratur akan sangat membantu ibu hamil tetap fokus dalam menjalani masa kehamilan dan persiapan kelahiran pertama.



Hal itu disampaikan Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, dr. Puni Oktisari Sp.A., melalui edukasi live Instagramnya. Dia menyampaikan bahwa banyak hal yang harus disiapkan calon ibu untuk kelahiran anak pertama.

"Misalnya keadaan lingkungan sekitar, seputar air susu ibu (ASI) hingga kebutuhan nutrisi yang disampaikan disaat konsultasi", ungkap dr. Puni Oktisari Sp.A., di hadapan puluhan peserta edukasi di Semarang, Senin (21/10/2022) lalu.

Dokter Puni Oktisari pun mengingatkan agar nilai kemandirian pada tumbuh kembang anak harus diterapkan secara bertahap. Baca juga: 5 Masalah yang Muncul Jika Jarak Kelahiran dan Kehamilan di Bawah 2 Tahun

"Hanya saja dalam prakteknya, pengawasan secara ekstra perlu dilengkapi, karena balita masih sangat bergantung terhadap orangtuanya," imbuh Puni pada edukasi bertajuk 'Mitos dan Fakta pada Anak'.

Adapun asupan tambahan suplemen dengan rekomendasi dokter spesialis anak boleh saja diberikan, namun prinsip pemberian ASI asupan nutrisi yang seimbang dan empat sehat lima sempurna tidak dapat dikurangi dan akan selalu menjadi prioritas.

ASI, jelas dokter, merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormonprolaktindanoksitosin
setelah kelahiran bayi.

"Air susu ibu pertama yang keluar disebutkolostrumatau jolong dan mengandung banyakimmunoglobulinIgAyang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawanpenyakit," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)