alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Makassar Pastikan Akan Sosialisasikan Kolom Kosong

Kurniawan Eka Mulyana
KPU Makassar Pastikan Akan Sosialisasikan Kolom Kosong
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, memastikan untuk menyosialisasikan bahwa memiliki kolom kosong atau kotak kosong pada Pilwalkot Makassar 2018 adalah sah.

Komisioner KPU Makassar Divisi Data, Rahma Saiyed, yang dihubungi Jumat (25/5/2018), mengatakan pihaknya akan menyosialisasikan pada masyarakat mengenai kolom kosong.

"Iya, KPU tetap akan lakukan sosialisasi bahwa pilihan kolom kosong tetap sah," jelasnya.

Namun, Rahma menjelaskan bahwa pihaknya tidak akan memasang alat peraga kampanye, baik berupa baliho maupun alat peraga kampanye lainnya untuk kolom kosong.

Alasannya karena kolom kosong bukan merupakan pasangan calon (paslon), sehingga tidak memiliki visi dan misi paslon untuk dikampanyekan.

"Dalam aturan, kampanye hanya diperuntukkan pasangan calon karena kampaye tersebut berisi visi dan misi. Ini berarti bahwa kolom kosong tidak bisa kampanye. Kalau sosialisasi, iya," lanjut Rahma.

Mengenai metode sosialisasi kolom kosong, Rahma menyebut hal itu dilakukan dengan tatap muka dan melalui media massa. Namun tidak dengan cara door to door maupun brosur.

"Memberitahukan bahwa memilih kolom kosong tetap merupakan pilihan sah. Bukan dengan cara brosur, pun bukan dengan door to door," pungkasnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads