alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelatih PSM Makassar Diminta Evaluasi Posisi Bek Kanan

Muhaimin
Pelatih PSM Makassar Diminta Evaluasi Posisi Bek Kanan
Pelatih PSM Makassar Robert Alberts. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Kekalahan 3-0 PSM Makassar atas Persib Bandung menunjukkan performa paling terburuk sejauh ini. Sebab, dalam laga yang digelar di stadion Gelora Bandung Lautan Api tersebut, Juku Eja tak satu pun mencetak gol.

Tak pelak, dari kekalahan yang diterima PSM selama pekan kesepuluh musim ini, hasil tersebut menjadi laga paling memalukan. Sebab, dari empat tendangan ke gawang, tak satupun yang on target.

Terlepas dari tumpulnya lini depan PSM Makassar saat kontra Persib Bandung, ada celah menganga di sektor pertahanan tim Ayam Jantan dari Timur ini. Sehingga, anak asuh Mario Gomez dengan mudah menciptakan tiga gol ke gawang Juku Eja yang dikawal Rivky Mokodompit.

"Titik kelemahannya PSM, kan ada di sektor kanan pertahan (saat lawan Persib), yang dikawal oleh kapten Zulkifli Syukur," ungkap pengamat sepak bola Syamsuddin Umar kepada KORAN SINDO, kemarin.

Menurut Syam, hal itu terlihat saat Zulkifli tidak bisa mencegah pergerakan winger Persib Bandung, Ghozali Siregar di sektor kanan pertahanan. Di mana, Ghozali memang memiliki kecepatan yang bisa membuat kapten PSM itu keteteran.

"Jika sudah seperti itu, otomatis Paulle keluar menutup untuk melapisi Zulkifli. Artinya Paulle meninggalkan posnya di bek tengah, nah ini yang juga menjadi celah bagi PSM, akibat tidak efektifnya sektor kanan," ungkapnya.

Hal itu terbukti, sebab tiga gol Maung Bandung, semua serangannya berawal dari sektor kanan pertahanan PSM Makassar. Di mana, winger Persib Bandung, Ghozali Siregar terlihat dengan mudah melewati Zulkifli Syukur sepanjang laga. Kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti yang masing-masing dikonversi menjadi gol oleh Ezhechiel NDouassel dan Jonathan Bauman.

Pelatih yang pernah membawa PSM juara pada 1999/2000 ini juga mengaku, sektor Zulkifli juga menjadi ancaman jika pemilik nomor punggung 3 ini membantu serangan. Namun, terjadi serangan balik cepat oleh lawan.

"Dia kerap naik bantu serangan. Tapi kalau terjadi serangan balik cepat ke daerahnya, dia pasti terlambat turun. Karena, kita tahu Zul sudah lamban untuk melakukan transisi ke pertahanannya," pungkasnya.

Sebenarnya ini bukan kali pertama sektor kanan pertahanan PSM dibombardir dan berbuah gol. Saat menjamu Persela Lamongan dikandang, kekalahan 2-3 Juku Eja lebih banyak dilakukan serangan dari sektor tersebut yang dikawal Zulkifli.

Eks penasehat PSM Abdi Tunggal mengungkapkan, salah satu alasan menurunnya performa Zulkifli ialah faktor usia.
"Umur tidak bisa berbohong. Hal itu juga akan membuat tenaga seorang pemain akan berkurang," jelasnya.

Abdi menjelaskan, sebenarnya sektor kanan pertahanan PSM beberapa laga terakhir sudah cukup bagus. Saat Hasyim Kipuw tampil menggantikan peran Zulkifli.

"Hasyim penampilannya sudah bagus. Tapi saya tidak tahu kenapa dia tidak main lawan Persib Bandung lalu," ucapnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads