Dorong UMKM Naik Kelas, PNM dan KDM Gelar Pelatihan Community Leaders di Makassar

Selasa, 29 November 2022 - 21:11 WIB
loading...
Dorong UMKM Naik Kelas, PNM dan KDM Gelar Pelatihan Community Leaders di Makassar
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Karya Digital Madani (KDM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders. (Ist)
A A A
MAKASSAR - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Karya Digital Madani (KDM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders.

Tema kegiatan tersebut 'Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas'. Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu dalam upaya untuk mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa naik kelas,

Kegiatan itu dihadiri oleh 250 peserta yang merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar mulai dari Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer hingga Account Officer di wilayah Makassar, Ambon, Papua, dan Papua Barat di Benteng Fort Rotterdam, Makassar.

Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT PNM, Dicky Fajrian menjelaskan, Community Leaders adalah sosok rekan-rekan pendamping nasabah PNM Mekaar yaitu Pemimpin komunitas yang akan membantu nasabah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan sederhana di dalam grup sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju.

"Pelatihan tersebut merupakan komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM," kata Dicky dalam keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).

Baca: Bidik Pasar Indonesia Timur, IMS Sambangi Makassar.

Dicky menuturkan, pelatihan ini kedepannya juga akan dilakukan secara nasional. Selanjutnya pelatihan tersebut juga merupakan bentuk kolaborasi PNM PKU dengan KDM yang memfasilitasi pemberian materi beserta program-program sosial media yaitu Bakool, Produk Keren UMKM (PKU), Belajar Bareng PNM, dan Ngobrol Bareng PNM. Selanjutnya, pelatihan ini juga berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Unity in diversity yaitu tetap bersatu walaupun berasal dari keragaman budaya yang berbeda-beda, karena disini banyak teman-teman CL yang berasal dari Makassar, Ambon, Papua, dan Papua Barat. Ini juga menunjukkan komitmen PNM dalam memberikan pemberdayaan secara merata bagi nasabahnya yang berada di seluruh Indonesia khususnya pemberdayaan dalam literasi digital” terangnya.

Sebagai informasi, hingga 23 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 159,4 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,3 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 4.213 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 6.158 Kecamatan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)