Dari Kalosi ke Cindakko, Pertamina Bangkitkan Kopi Sulsel hingga Mancanegara

Kamis, 09 Juli 2020 - 16:50 WIB
loading...
Dari Kalosi ke Cindakko, Pertamina Bangkitkan Kopi Sulsel hingga Mancanegara
PT Pertamina turut terlibat aktif membangkitkan kopi Sulsel hingga mancanegara lewat program kemitraan. Foto: Pertamina
A A A
MAKASSAR - Perempuan paruh baya itu terlihat sumringah. Sesekali ditatanya satu per satu sebuah kemasan kopi produksi lokal miliknya “Kalosi” di sebuah ruangan luas milik PT Pertamina MOR VII Sulawesi.

Dari kejauhan aroma wanginya sudah tercium aroma arabika. Adalah, Suryani, 60 tahun, pemilik kopi Kalosi, asal Kabupaten Enrekang.

Melalui bendera UKM Maghfira Baroko yang sudah ditekuninya belasan tahun, Suryani membesarkan produk kopi miliknya.



Kopi Kalosi tergolong kopi yang memiliki sejarah panjang lantaran sudah terkenal sejak jaman penjajahan Belanda. Perkebunan kopi Kalosi terletak di ketinggian sekitar 1.500 mdpl.
Dari Kalosi ke Cindakko, Pertamina Bangkitkan Kopi Sulsel hingga Mancanegara

Dua oran perempuan memegang produk kopi Kalosi


Jenisnya adalah arabika di mana cita rasanya lebih kaya dan kandungan kafeinnya tidak terlalu tinggi. Kopi dengan cita rasa unik ini diharapkan menjadi pesaing Kopi Toraja yang telah lebih dahulu mendunia.

Kopi Kalosi merupakan kopi primadona asal Kabupaten Enrekang. Karakternya yang membuatnya berbeda dibandingkan Kopi Toraja adalah rasa masam buah yang meninggalkan rasa manis setelahnya.

Biji kopinya memiliki body medium dengan sedikit rasa rempah-rempah. Varietas ini punya potensi pangsa pasar yang cukup menjanjikan.

Medio Februari, 2020, Suryani, 60 tahun, berkesempatan ke Makassar bertemu dengan jajaran Manajemen PT Pertamina MOR VII Sulawesi untuk mendapatkan sokongan modal usaha dari perusahaan BUMN tersebut.

Hal itu terkait dengan dikabulkannya permohonan modal kerja usahanya yang diajukan lewat Program Kemitraan (PK) disetujui PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)