Hasil Jepang vs Spanyol: Comeback Dramatis! Samurai Biru Lolos ke 16 Besar

Jum'at, 02 Desember 2022 - 03:58 WIB
loading...
Hasil Jepang vs Spanyol: Comeback Dramatis! Samurai Biru Lolos ke 16 Besar
Timnas Jepang secara dramatis lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup E setelah mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 di Stadion Khalifa International, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB / Foto: Twitter FIFA World Cup (@FIFAWorldCup)
A A A
AL-RAYYAN - Timnas Jepang secara dramatis lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup E setelah mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 di Stadion Khalifa International, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Dua gol balasan itu tercipta, enam menit setelah pemain keluar dari ruang ganti.

Sepanjang 45 menit pertama, Spanyol tampil cukup mendominasi. Mereka berhasil menguasai penguasaan bola sebesar 85 persen berbanding 15 persen.

Tim Matador pun berhasil menciptakan empat peluang emas. Namun hanya satu yang berhasil dijadikan gol.

BACA JUGA: Juara Grup F di Piala Dunia 2022, Timnas Maroko Cetak Sejarah

Gol itu terjadi pada menit 12 melalui sundulan Alvaro Morata usai menerima umpan lambung Cesar Azpilicueta. Ini merupakan gol ketiga Morata di Piala Dunia 2022.

Morata tercatat sebagai pemain kedua yang mencetak gol dalam tiga penampilan pertamanya di turnamen empat tahunan bersama Spanyol sejak Telmo Zarra pada 1950. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga interval pertama usai.

Di babak kedua, Jepang maupun Spanyol melakukan perubahan dengan menarik keluar pemainnya. Tim berjuluk Samurai Biru, menarik dua pemain sekaligus, yakni Takefusa Kubo dan Yuto Nagatomo.

BACA JUGA: Lionel Messi Merinding Lihat Argentina Tembus Babak 16 Besar

Kedua pemain itu digantikan Ritsu Doan dan Kaoru Mitoma. Sementara Spanyol memainkan Dani Carvajal menggantikan Cesar Azpilicueta.

Keluarnya Azpilicueta membuat lini pertahanan Spanyol keropos. Betapa tidak, dalam waktu enam menit (setelah keluar dari ruang ganti), Jepang berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Kedua gol itu dicetak Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51'). Tertinggal 1-2, Spanyol mencoba merespon. Namun rapatnya pertahanan Jepang membuat tim Matador gagal menambah gol.

Hingga pertandingan usai, skor 2-1 untuk kemenangan Jepang tak berubah. Hasil positif ini membuat Jepang lolos 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup E.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)