TOPIK TERPOPULER

Torut Dukung Pemprov Sulsel Bangun Ruas Jalan Rantepao Hingga Perbatasan

Joni Lembang
Torut Dukung Pemprov Sulsel Bangun Ruas Jalan Rantepao Hingga Perbatasan
Pemkab Toraja Utara mendukung langkah Pemprov Sulsel bangun ruas jalan Rantepao hingga Perbatasan. Foto: Ilustrasi

TORAJA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara mengapresiasi perhatian pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap pembangunan infrastruktur jalan di Toraja Utara.

Pada tahun 2020, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, akan mengerjakan sejumlah ruas jalan di kabupaten pemekaran Tana Toraja itu.

Baca Juga: Meski Pandemi, Sekprov Sulsel Ingatkan Layanan Publik Tak Boleh Kendor

Salah satu pembangunan ruas jalan yang akan dikerjakan di Toraja Utara menggunakan dana APBD Sulsel tahun anggaran 2020 yakni ruas jalas Rantepao-Pangala-Baruppu hingga batas Provinsi Sulawesi Barat.

"Pemkab Toraja Utara sangat mengapresiasi perhatian Pemprov Sulsel dalam pembangunan dan peningkatan jalan poros Rantepao-Pangala-Baruppu hingga perbatasan provinsi Sulbar," ujar Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang (YRK) di Rantepao, Kamis, (9/7/2020).



YRK mengatakan pemkab dan masyarakat Toraja Utara akan mendukung sepenuhnya pembangunan dan peningkatan ruas jalan tersebut. Pasalnya, ruas jalan Rantepao-Pangala-Baruppu hingga batas provinsi Sulbar merupakan akses perekonomian, pariwisata serta jalan yg merupakan sejarah pahlawan nasional Pongtiku.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Sulsel dan secara khusus kepada masyarakat yang ikut mendukung pembangunan jalan poros Rantepao-Pangala-Baruppu hingga perbatasan Sulbar," kata YRK

Ketua Komisi D DPRD Provinsi Sulsel John Rende Mangontan mengatakan, pada tahun 2020, pemerintah provinsi Sulsel mengalokasikan dana APBD untuk pembangunan ruas jalan Rantepao-Pangala-Baruppu hingga perbatasan Sulbar sekitar Rp12 miliar. Namun, mengingat kondisi jalan tersebut cukup berat dengan topografi daerah pegunungan sehingga anggaran tersebut dinilai tidak cukup.

"Diharapkan, ke depan ada tambahan anggaran dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Sulsel untuk lanjutan peningkatan ruas jalan tersebut," ujar JRM.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!