TPID Dinilai Berhasil Menekan Laju Inflasi

Senin, 05 Desember 2022 - 22:04 WIB
loading...
TPID Dinilai Berhasil Menekan Laju Inflasi
Peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mampu diefektifkan Kemendagri sehingga dinilai berhasil menekan laju inflasi hingga November 2022. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di daerah-daerah mampu diefektifkan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Sehingga dinilai berhasil menekan laju inflasi hingga November 2022.

Peran TPID akan semakin strategis di masa sulit seperti sekarang. “TPID telah menjadi andalan utama pengendalian inflasi di Indonesia,” kata Ekonom IPB University, Iman Sugema, Senin (5/12/2022).


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Inflasi November 2022 tercatat cukup rendah, yakni 0,09 persen (mtm). Angka itu di bawah prakiraan Bank Indonesia (BI) yang mencapai 0,11 persen. Secara tahunan, inflasi November tercatat 5,42 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 5,71 persen (yoy).

Iman Sugema menyatakan, inflasidi Indonesia tidak hanya menyangkut masalah supply and demand, tapi juga terkait permasalahan struktural di daerah dan itu bersifat lokal

"Bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Nah, TPID ini dapat mengatasi masalah-masalah spesisifik semacam itu,” ujarnya.

Menurut Iman, TPID merupakan solusi lokal yang dapat lebih menjamin terselesaikannya masalah-masalah spesifik dan lebih mendasar di daerah. Solusi dari TPID mungkin berbeda dengan solusi generik ala bank sentral yang memakai instrumen suku bunga.



“Tapi langkah TPID mungkin bisa lebih menjawab permasalahan atau tantangan di daerah masing-masing,” kata Iman.

Dia mengatakan, TPID juga menjalankan fungsi koordinasi antar daerah. Misalnya, ada daerah mengalami problem kelangkaan bahan pangan, sehingga inflasinya naik tajam. Di lain pihak ada daerah yang surplus pangan.

Koordinasi lewat TPID bisa menautkan situasi itu dan memecahkan inflasi antar daerah. “Peran ini yang secara strategis berhasil dijalankan Kementerian Dalam Negeri dengan mengkoordinasikan seluruh TPID di Indonesia," ujar Iman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)