Diguyur Hujan selama Sepekan, Ratusan Rumah di Luwu Utara Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Kamis, 08 Desember 2022 - 13:19 WIB
loading...
Diguyur Hujan selama Sepekan, Ratusan Rumah di Luwu Utara Terendam Banjir Setinggi 1 Meter
Ratusan rumah yang berada di dataran rendah, di wilayah Kabupaten Luwu Utara terendam hingga ketinggian mencapai satu meter. Rumah-rumah terendam akibat meluapnya Sungai Baliase dan Sungai Rongkong. Foto Nasruddin Rubak
A A A
LUWU UTARA - Ratusan rumah yang berada di dataran rendah, di wilayah Kabupaten Luwu Utara terendam hingga ketinggian mencapai satu meter. Rumah- rumah terendam akibat meluapnya Sungai Baliase dan Sungai Rongkong setelah hujan mengguyur wilayah itu selama sepekan terakhir.



Andi Zainal, seorang warga mengatakan, air meluber setelah setelah tanggul jebol akibat banjir. Selain rumah, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, rumah ibadah, perkantoran dan akses jalan antardesa ikut terendam.

"Bukan itu saja, banjir juga menggenangi tambak, lahan pertanian, dan perkebunan warga hingga terancam gagal panen. Sejak beberapa bulan banjir selalu terjadi di sini," kata Andi, Kamis (8/12/2022).

Dia mengatakan, penyebab banjir ini karena pendangakalan sungai pascabanjir bandang Juli 2020 silam yang mengakibatkan 39 korban jiwa di daerah ini.

Warga berharap agar pemerintah segera mengatasi persoalan tersebut termasuk melakukan perbaikan tanggul dan normalisasi sungai.

"Ya harapan saya sungai dikeruk, diluruskan yang bengkok, diluaskan yang sempit. Kalau hanya mengandalkan tanggul maka akan hancur," ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)