alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapolda Janji Kawal Ketat Kasus Korupsi Dana Bimtek DPRD Enrekang

Aris Bafauzi
Kapolda Janji Kawal Ketat Kasus Korupsi Dana Bimtek DPRD Enrekang
Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono saat melakukan kunjungan kerja di Polres Enrekang. Foto : Luqman Zainuddin/SINDOnews

ENREKANG - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Pom Umar Septono, berjanji akan mengawal kasus dugaan korupsi dana Bimtek DPRD Enrekang tahun 2014-2015.

Di hadapan awak media saat kunjungan kerja di Mapolres Enrekang Kapolda mengaku tetap akan mengawal kasus ini hingga selesai.

"Polda akan tetap mengawal kasus ini hingga selesai, dan tetap berkoordinasi dengan pihak kejaksaan terkait kelengkapan berkas untuk pemenuhan syarat dilimpahkannya ke Pengadilan," ujar Umar.



Umar juga meminta masyarakat untuk menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada pihak berwajib. Karena Polda Sulsel telah berusaha keras, demi kasus ini cepat selesai.

"Kita berusaha, mohon doa masyarakat agar kami bisa bekerja dengan baik sesuai amanah. Saya juga belum terlalu tahu kasus ini, tapi percayakan kasus ini akan kami kawal," tambahnya.

Kasus ini sudah lama bergulir setahun lebih pasca penggeledahan kantor DPRD Enrekang, 10 Maret 2017. Kasus dugaan Korupsi dana bimtek tahun anggaran 2014-2015 ditubuh DPRD Enrekang, hingga kini belum menemukan titik terang. meski telah ditetapkan tujuh tersangka.

Ketujuh tersangka tersebut yakni mantan ketua DPRD Kabupaten Enrekang, Bantaeng Kadang, anggota DPRD Arfan Renggong, Mustiar Rahim, Sekretaris Dewan (Sekwan), Sangkala Tahir. Serta tiga penyelenggara proyek Gunawan, Nawir, dan Nurul Hasmi.

Penetapan tersangka sudah sejak April 2017 tahun lalu. Tindak pidana korupsi diduga tidak memenuhi syarat yang diwajibkan dalam Permendagri, tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD.

Serta tidak adanya rekomendasi Badiklat Kemendagri, demikian halnya penyelenggara juga tidak penuhi syarat dan legalitas. Yang menjadikan kegiatan Bimtek DPRD Enrekang diduga fiktif, hingga diindikasi adanya penyalahgunaan dana bimtek 855 juta anggaran bimtek 2015 dari total anggaran 3,6 Miliar.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook