Perkuat Sinergitas, Imigrasi Polman Gelar Rakor Tim Pora di Majene

Jum'at, 10 Juli 2020 - 18:38 WIB
loading...
Perkuat Sinergitas, Imigrasi Polman Gelar Rakor Tim Pora di Majene
Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing di Majene yang dihadiri oleh Sekda Majene. Foto: Istimewa
A A A
POLMAN - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewai Mandar menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) untuk Kabupaten Majene, Jumat (10/07/2020).

Rakor ini Digelar di Villa Bogor, Majene, untuk memperkuat sinergitas dalam hal pengawasan Orang Asing. Rapat Koordinasi Tim PORA dihadiri oleh perwakilan TNI, Polri, Instasi Vertikal, dan Kecamatan-Kecamatan di lingkungan Kabupaten Majene.



Pelaksana Tugas Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majene, Burhan Usman yang membuka acara tersebut berharap, para peserta rapat dapat saling bekerjasama dalam Tim PORA.

"Saya berharap para peserta rapat sungguh-sungguh dapat saling bertukar informasi dalam rapat ini. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Kepala Kantor Imigrasi, Orang Asing mungkin dapat membawa manfaat, misalnya pariwisata. Namun, pengawasan tetap harus dilakukan supaya jangan sampai juga mereka melanggar aturan yang justru merusak daerah kita dan negara kita," paparnya.

Perkuat Sinergitas, Imigrasi Polman Gelar Rakor Tim Pora di Majene


Dirinya mengingatkan kepada anggota Tim PORA, bahwa setiap keterlibatan mereka dalam pengawasan orang asing ke depannya harus juga sesuai dengan visi bupati. "Yakni untuk dapat memajukan Kabupaten Majene," tutupnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar , Habiburrahman, mengingatkan bahwa Tim PORA harus dapat bekerjasama. Ia mengatakan masing-masing anggota yang ada dalam Tim PORA memiliki fungsi dalam pengawasan orang asing.

"Terkait kewenangan, kita bisa saling melengkapi. Misal tindakan projustisia, dapat kita mengandalkan Kejaksaan Negeri. Apabila dikenakan sanksi administratif semisal deportasi, maka Kantor Imigrasi bisa diandalkan," jelasnya.

Ia melanjutkan, apabila tim bergerak serempak, saling berbagi informasi, dan menjalin komunikasi, maka kebijakan selektif bagi orang asing dapat benar-benar dilaksanakan dan pengawasan orang asing dapat dilakukan secara optimal.

Kegiatan rapat koordinasi juga dirangkaikan dengan pengukuhan Tim PORA tingkat kecamatan pada Kecamatan Banggae, Banggae Timur, Sendana, Tammerodo Sendana, Tubo Sendana, Pamboang, Ulumanda, dan Malunda.

Rapat Koordinasi Tim PORA diakhiri dengan diskusi dari para peserta rapat, Kepala Divisi Keimigrasian,
Kepala Bidang Inteldakim, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)