alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Hindari Menyalahkan Kesalahan Anak-anak, Efeknya Bisa Fatal

Sri S Syam
Hindari Menyalahkan Kesalahan Anak-anak, Efeknya Bisa Fatal
Perilaku yang tidak baik padanya, bisa berdampak pada psikis anak saat ini maupun kemudian hari. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Sikap orang tua sangat berperan dalam membentuk kepribadian anak. Perilaku yang tidak baik padanya, bisa berdampak pada psikis anak saat ini maupun kemudian hari. Baca : Bagian Tubuh Anak Ini Tak Boleh Kena Pukulan, Bisa Kejang Hingga Buta

Contoh perilaku kurang baik dan berlebihan adalah seringnya menyalahkan anak atas apa yang Ia perbuat. Hal yang sering dilakukan orang tua adalah mengoreksi berlebihan, memarahi atau bahkan menuduh si anak.

Padahal, sebagaimana anak-anak, mereka butuh proses untuk belajar yang terkadang berlangsung secara unik serta berbeda dari yang dilakukan orang tua. Baca Juga : Lima Kekuatan Super yang Ternyata Kamu Miliki Sejak Kecil

Bahayanya, anak yang sering disalahkan terus menerus cenderung tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri dan tidak terbuka dengan orang tuanya. Selain itu terkadang Dia juga menjadi sosok yang berbeda ketika berada di rumah dan ketika berada di luar rumah saat tidak bersama orang tua.

Misalnya, ketika di luar rumah anak menjadi sosok yang rajin, punya rasa ingin tahu an sifat baik lainnya. Namun, di rumah menjadi pemalas dan menyembunyikan keinginannya hanya karena enggan dikomentari, disalahkan atau dimarahi. Jangan sampai anak kita tumbuh menjadi sosok yang demikian yah, so hindari menyalahkan anak-anak.



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak