Disdik Tetapkan 6 Zonasi PPDB SD-SMP, Cek Daftar Wilayahnya

Sabtu, 11 Juli 2020 - 07:54 WIB
loading...
Disdik Tetapkan 6 Zonasi PPDB SD-SMP, Cek Daftar Wilayahnya
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menetapkan enam zona pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2020/2021. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menetapkan enam zona kewilayahanpada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2020/2021.

MenurutPlt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amelia Malik,enam zonaini dibagi berdasarkan luas wilayah dan ketersediaan sekolah. Masing-masing zona memiliki cakupan wilayah yang berbedah-beda.

Pada zonasi I misalnya, hanya mencakup dua kecamatan saja. Yakni Kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea. Ini lantaran kedua kecamatan tersebut punya wilayah yang cukup luas dan memiliki ketersediaan sekolah yang memadai. Baca : Agar Mudah Daftar PPDB Jalur Zonasi, Calon Peserta Bisa Buat Akun Lebih Awal

"Ada kecamatan yang masuk di beberapa zonasi. Itu karena daerahnya beririsan antar kecamatan. Kemudian wilayahnya juga tidak terlalu besar, seperti Biringkanaya dan Tamalanrea," tukasAmelia Malik kepada SINDOnews.

Amalia menyatakan, peluang untuk masuk ke sekolah negeri di dalam area zonasi tahun ini semakin besar. Sebab, kuota zonasi untuk SD dijatah sebesar 80% dan SMP 70%. "Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi khusus yang bisa diakses melalui web resmi Dinas Pendidikan Kota Makassar di www.disdik.makassar.go.id dengan link khusus PPDB," ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Aplikasi Telematik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Denny Hidayat mengatakan telah melakukan perbaikan pada software aplikasi PPDB. Website sudah bisa diakses dan tidak down lagi. Baca Juga :Diskominfo Jamin Akses Server Aman Saat PPDB Jalur Zonasi

Menurutnya, ada beberapa hal yang mengakibatkan server down dan sulit diakses. Salah satunya pengunjung yang terlalu membludak, overload. Meski begitu, pihaknya terus melakukan evaluasi agar server tidak down lagi.

Apalagi pada saat pendaftaran PPDB jalur zonasi dibuka. Diharap tidak ada lagi keluhan dari orang tua calon peserta didik baru. "Server down itu karena terlalu membludak, tapi sekarang sudah tidak lagi. Insya Allah (aman saat jalur zonasi), kita berupaya maksimal dalam hal teknis," terangnya.

Daftar6 Zonasi Sekolah Yakni
Zonasi I
-Biringkanaya
-Tamalanrea

Zonasi II
-Bontoala
-Tallo
-Ujung Pandang
-Wajo
-Ujung Pandang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)