alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Disdik Tetapkan 6 Zonasi PPDB SD-SMP, Cek Daftar Wilayahnya

Vivi Riski Indriani
Disdik Tetapkan 6 Zonasi PPDB SD-SMP, Cek Daftar Wilayahnya
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menetapkan enam zona pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2020/2021. Foto : SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menetapkan enam zona kewilayahan pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2020/2021.

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amelia Malik, enam zona ini dibagi berdasarkan luas wilayah dan ketersediaan sekolah. Masing-masing zona memiliki cakupan wilayah yang berbedah-beda.

Pada zonasi I misalnya, hanya mencakup dua kecamatan saja. Yakni Kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea. Ini lantaran kedua kecamatan tersebut punya wilayah yang cukup luas dan memiliki ketersediaan sekolah yang memadai. Baca : Agar Mudah Daftar PPDB Jalur Zonasi, Calon Peserta Bisa Buat Akun Lebih Awal



"Ada kecamatan yang masuk di beberapa zonasi. Itu karena daerahnya beririsan antar kecamatan. Kemudian wilayahnya juga tidak terlalu besar, seperti Biringkanaya dan Tamalanrea," tukas Amelia Malik kepada SINDOnews.

Amalia menyatakan, peluang untuk masuk ke sekolah negeri di dalam area zonasi tahun ini semakin besar. Sebab, kuota zonasi untuk SD dijatah sebesar 80% dan SMP 70%. "Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi khusus yang bisa diakses melalui web resmi Dinas Pendidikan Kota Makassar di www.disdik.makassar.go.id dengan link khusus PPDB," ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Aplikasi Telematik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Denny Hidayat mengatakan telah melakukan perbaikan pada software aplikasi PPDB. Website sudah bisa diakses dan tidak down lagi. Baca Juga : Diskominfo Jamin Akses Server Aman Saat PPDB Jalur Zonasi

Menurutnya, ada beberapa hal yang mengakibatkan server down dan sulit diakses. Salah satunya pengunjung yang terlalu membludak, overload. Meski begitu, pihaknya terus melakukan evaluasi agar server tidak down lagi.

Apalagi pada saat pendaftaran PPDB jalur zonasi dibuka. Diharap tidak ada lagi keluhan dari orang tua calon peserta didik baru. "Server down itu karena terlalu membludak, tapi sekarang sudah tidak lagi. Insya Allah (aman saat jalur zonasi), kita berupaya maksimal dalam hal teknis," terangnya.

Daftar 6 Zonasi Sekolah Yakni
Zonasi I
-Biringkanaya
-Tamalanrea

Zonasi II
-Bontoala
-Tallo
-Ujung Pandang
-Wajo
-Ujung Pandang

Zonasi III
-Makassar
-Mamajang
-Ujung Pandang
-Mariso
-Rappocini
-Wajo

Zonasi IV
-Manggala
-Panakkukang
-Rappocini

Zonasi V
-Tamalate
-Mamajang
-Mariso
-Panakkukang
-Rappocini

Zonasi VI
-Sangkarrang
-Ujung Tanah
-Wajo

Sumber Data : Disdik Makassar



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak