alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Bakti Tim Khusus PLN : Memelihara Jaringan dalam Tegangan 20.000 Volt

Tim SINDOnews
Bakti Tim Khusus PLN : Memelihara Jaringan dalam Tegangan 20.000 Volt
Tim khusus adalah tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Menengah (TM). Foto : Istimewa

PAREPARE - Guna menjaga keandalan pasokan listrik di kota Parepare dan sekitarnya, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare serta PLN UP3 Mamuju menerjunkan 5 tim khususnya yang beranggotakan 32 personel untuk memelihara Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan tegangan 20.000 Volt di tengah pandemi.

Tim khusus tersebut adalah tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Menengah (TM). Tim PDKB sendiri merupakan petugas khusus yang melakukan pekerjaan pemeliharaan pendistribusian tenaga listrik tanpa padam, bahkan dengan cara menyentuh langsung jaringan bertegangan yang menggunakan peralatan khusus. Baca : Pandemi Tak Halangi Pembangunan Jaringan Transmisi Bawah Tanah di Makassar

Terkhusus untuk memelihara JTM di Kota Parepare dan sekitarnya, PLN menerjunkan tim PDKB berjarak (Metode PDKB yang menggunakan galah Isolasi) dengan tujuan untuk tetap menjaga kontinuitas pasokan listrik demi kenyamanan pelanggan.



Manager PLN UP3 Parepare Ambo Tuwo menjelaskan, tim PDKB dapat bekerja memelihara jaringan 20.000 Volt bahkan dengan cara menyentuh langsung jaringan bertegangan yang menggunakan peralatan khusus. "Tujuannya adalah untuk tetap menjaga kontinuitas pasokan listrik tanpa padam demi kenyamanan pelanggan," tutur Ambo.

"Selain itu kegiatan ini kami khususkan untuk menjaga keandalan JTM guna melancarkan aktivitas masyarakat di tengah Pandemi Covid 19 sekarang ini," tambah Ambo. Baca Juga : PLN Beri Bantuan APD untuk RS Bhayangkara Makassar dan RSUD Maros

Pekerjaan Pemeliharaan PDKB, lanjut Dia, memberikan keuntungan baik bagi pelanggan maupun PLN sendiri. Oleh karena itu PLN selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas kontinuitas pasokan listrik dan pelayanan. "PLN sangat bangga memiliki tim PDKB dan satu hal yang memastikan tim PDKB berhasil dalam melaksanakan tugasnya adalah patuh terhadap SOP," pungkas Ambo.

Saat ditemui salah seorang personel tim PDKB dari UP3 Parepare Edy Sanjaya menuturkan kebanggaannya dapat menjadi bagian dari tim PDKB.  "Pekerjaan kami cukup beresiko dan menantang, walaupun sebagian besar masyarakat mungkin tidak mengetahui resiko profesi kami tetapi kami yakin pekerjaan kami memiliki nilai ibadah yang besar dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkas Edy.

Baca Lagi : PLN Bantu Peningkatan Mutu Pendidikan-Pengembangan Wisata di Pulau Langkai



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak