alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Bupati Takalar Resmikan RSUD Tipe D di Polongbangkeng Utara

Herni Amir
Bupati Takalar Resmikan RSUD Tipe D di Polongbangkeng Utara
Bupati Takalar Syamsari Kitta meresmikan RSUD Tipe D di wilayah Kecamatan Polongbangkeng Utara. Foto/Istimewa

TAKALAR - Bupati Takalar, Syamsari Kitta, meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Pratama Takalar, Senin (13/7/2020). RSUD itu sebelumnya merupakan Puskesmas Kecamatan Polongbangkeng Utara. Bertindak selaku Direktur RSUD Tipe D ini yakni drg Ihyana Malik yang juga dokter gigi ahli madya pada RSUD H Padjonga Dg. Ngalle Takalar.

Bupati Syamsari mengatakan hadirnya RSUD tipe D ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar dalam memberikan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada warganya.

"Dengan adanya RSUD ini, tindakan preventif dan kuratif langsung di tengah-tengah masyarakat. Artinya, sudah jadi kewajiban pemerintah meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat," katanya, Senin (13/7/2020).



Baca Juga: Angkat 2 Direktur RS, Syamsari Harap Pelayanan Kesehatan Maksimal

Dia menjelaskan rumah sakit ini dirancang karena pemerintah ingin mengurai pasien yang tadinya berkumpul di RSUD H Padjonga Dg Ngalle yang sebelumnya ditunjuk sebagai rujukan penyangga untuk penyakit penyebaran COVID-19. Olehnya itu, pemerintah dibantu dengan Dinas Kesehatan mempercepat pendirian RSUD Tipe D.

"Kita berupaya membagi yang sifatnya sakit ringan bisa diarahkan ke RSUD tipe D sehingga tidak menumpuk. Kita berharap RSUD H Padjonga Dg Ngalle dan RSUD tipe D ini akan menjadi terdepan dalam rangka tindakan kuratif," harap Bupati Syamsari.

Menurut dia, warga khususnya di daerah Polongbangkeng Utara dan sekitarnya kini tidak perlu repot jauh-jauh berobat ke RSUD H Padjonga Dg Ngalle. Cukup ke RSUD tipe D yang lokasinya dekat dengan rumah. Warga sudah bisa berobat ke rumah sakit baru ini jika sekadar penyakit ringan.

Baca Juga: Gugus Tugas Lacak Kontak Erat Pejabat di Takalar yang Positif COVID-19

Dirut RSUD Tipe D Takalar, drg Ihyana Malik, menjelaskan maksud pemerintah dalam mewujudkan RSUD tipe D ini untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat. "Dengan terwujudnya RS ini, semoga kami bisa melaksanakannya dengan baik, dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi RSUD tipe D dengan simbol gambar jantung, palang dan daun yang mengartikan denyut kehidupan, kesehatan yang akan kami optimalkan ke masyarakat."

"Serta ditujukan untuk memberikan kesejukan kepada pasien untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal dalam mendukung kehidupan yang berkualitas," sambung Ihyana. Diharap visi RSUD tipe D ini akan mendukung kebijakan daerah untuk menjadikan Takalar sebagai kabupaten sehat.

Dalam acara juga dirangkaikan dengan penyerahan surat izin Operasional RSUD Tipe D Pratama Takalar yang diserahkan oleh Wakil Ketua DPRD Takalar Jabir Bonto kepada Dirut RSUD Tipe D Pratama.



(tri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak