Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sulsel Meningkat Signifikan

Senin, 13 Juli 2020 - 20:04 WIB
loading...
Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sulsel Meningkat Signifikan
Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Sulsel pada hari ini meningkat signifikan, jauh di atas angka penularan. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Laju penularan kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulsel masih terjadi. Kendati begitu, ada peningkatan pasien sembuh yang signifikan pada Senin (13/7/2020) hari ini.

Berdasarkan data laporan Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, ada penambahan kasus baru positif Covid-19 sebesar 128 orang. Sedangkan, angka kesembuhan jauh lebih besar peningkatannya sebanyak 259 orang. Sementara yang meninggal bertambah 3 orang.

Ketua Tim Konsultan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin, mengaku angka kesembuhan pasien COVID-19 mulai menunjukkan tren yang baik. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor pendukung dibaliknya.

"Kalau mencermati pergeseran trend kesembuhan kasus COVID-19 Sulsel yang semakin membaik, ini tidak terlepas dari salah satunya monitoring secara seksama kepada setiap kasus dalam perawatan," ujar Ridwan yang dihubungi SINDOnews.



Selain itu, adanya pemberian intervensi nutrisi yang semakin baik, aktifitas fisik dan mental sejak dini kepada kasus ODP maupun PDP, sehingga motivasi kesembuhan semakin membaik. Hal ini disusul adanya perbaikan instrumen tatalaksana layanan rumah sakit (RS) yang semakin intensif pula.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Sulawesi Selatan ini juga menilai kelompok berisiko yang dilayani sebagian besar dari kaum muda. Kelompok usia yang memiliki imunitas yang lebih, turut mendukung potensi kesembuhan lebih besar.

"Sehingga secara umum memberikan arah pada perbaikan angka kesembuhan, dari sebelumnya sekitar 35%, secara bertahap sudah meningkat ke sekitar 41%. Sementara angka kematian yang relatif kecil sekitar 3,1%. Ini tentu terkait dengan aspek pendukung kesembuhan tadi," papar Ridwan.

Sementara akumulasi kasus positif COVID-19 di Sulsel hingga hari ini tercatat total 7.101 kasus. Dengan rincian 3.857 diantaranya masih dirawat, sedangkan yang sembuh menjadi 3.018 orang, dan yang dinyatakan meninggal sebanyak 226 orang.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)