Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman

Senin, 13 Juli 2020 - 21:30 WIB
loading...
Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman
Telkomsel memastikan data pelanggan tetap aman dan terjaga kerahasiaannya. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Telkomsel memastikan data setiap pelanggan tetap aman dan terjaga kerahasiaannya. Penegasan ini disampaikan pihak Telkomsel menjawab keresahan masyarakat mengenai keamanan data pelanggan setelah munculnya dugaan kebocoran data salah satu pelanggan.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengakui, sistem perlindungan dan keamanan data pihaknya jadi perhatian bagi pelanggan dan masyarakat. Namun dia memastikan, jika pihaknya akan bertindak cepat jika ditemukan dugaan kebocoran data.

“Mengetahui adanya keresahan yang sedang berkembang, sejak awal kami langsung mengambil sikap dan tindakan tegas dengan melakukan proses investigasi secara internal dan menindaklanjuti temuan yang ada dengan proses hukum melalui laporan resmi yang telah kami ajukan kepada aparat penegak hukum, agar dapat ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan penindakan hukum dan konstitusi yang berlaku,” ucap Setyanto dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.



Dalam siaran pers tersebut, Telkomsel menegaskan menjamin hingga saat ini data pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman dan terjaga kerahasiaannya. Selain itu, Telkomsel secara konsisten telah menjalankan operasional sistem perlidungan dan keamanan data pelanggan dengan prosedur standar operasional tersertifikasi, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di industri telekomunikasi Indonesia.

Soal kewenangan akses data pelanggan dalam operasional pelayanan di berbagai pusat layanan pelanggan Telkomsel, seperti GraPARI, Call Center, atau layanan lainnya kata dia, dapat dijelaskan bahwa petugas customer service memiliki akses terhadap sejumlah sistem data pelanggan secara terbatas, sesuai otoritas dan kebutuhan yang telah ditentukan, dengan tetap memiliki fungsi kontrol serta pengawasan sehinga semua aktivitas tetap terpantau dengan ketat.

Kewenangan akses terhadap data pelanggan oleh petugas customer service, sambung siaran pers tersebut juga diperuntukan untuk membantu proses keamanan validasi dalam fungsi melindungi pelanggan dan pemenuhan layanan kepada pelanggan.

Sebagai wujud keseriusan Telkomsel menjamin keamanan data pelanggan dan agar kejadian serupa tidak terulang, Telkomsel juga telah melakukan evaluasi dan mengambil tindakan tegas sesuai aturan internal perusahaan melalui penerapan sanksi sesuai ketentuan baik secara administrasi hingga tindak lanjut proses hukum.



Telkomsel menegaskan akan terus melakukan penyempurnaan dan perbaikan serta pengembangan sistem operasional kerja secara menyeluruh, mulai dari sistem perlindungan dan keamanan data pelanggan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada, hingga pengetatan prosedur kewenangan akses ke seluruh sistem operasional dan pemilihan petugas layanan yang lebih berkualitas, baik secara kompetensi maupun perilaku dan integritas SDM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)