TOPIK TERPOPULER

Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data COVID-19 Tetap Aman

Syachrul Arsyad
Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data COVID-19 Tetap Aman
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari memastikan dokumen administrasi, utamanya data terkait penanganan COVID-19 aman, pasca kebakaran yang melanda gedung lantai 2 kantor Dinkes Sulsel pada, Kamis (30/07/2020) lalu. Foto : Ist

MAKASSAR - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari memastikan dokumen administrasi, utamanya data terkait penanganan COVID-19 aman, pasca kebakaran yang melanda gedung lantai 2 kantor Dinkes Sulsel pada, Kamis (30/07/2020) lalu.

Mustari tak menampik, dokumen administrasi perkantoran memang ada yang hangus terbakar dilalap api. Meski begitu, pihaknya sudah memiliki back up data dari dokumen yang terkena dampak. Baca : Polisi Olah TKP Ulang Usut Penyebab Kebakaran di Dinkes Sulsel

"Terkait data memang ada yanh terbakar. Ini sekaligus saya meng-clear-kan ya, data yang terbakar, tapi back up-nya ada. Alhamdulillah ada back up datanya. Jadi tidak ada masalah," ujar Ichsan yang ditemui usai pelepasan pendamping gizi dan konselor stunting di Hotel Best Western Makassar, kemarin.



Diketahui, ruangan lantai dua kantor Dinkes Sulsel ludes dilalap. Beberapa ruangan ikut terbakar, termasuk ruang kerja Ichsan sendiri. Selain itu ruangan perencanaan dan keuangan yang menyimpan dokumen administrasi Dinkes Sulsel.

"Jadi tidak ada masalah terkait data-data keuangan, COVID. Jadi tidak seperti di luar yang menyatakan datanya hilang, (kejadian) disengaja, tidak ada itu," tegas itu.

Dirinya pun belum mau sesumbar terkait penyebab kejadian ini. Hingga saat ini kata dia, pihak kepolisian melalui tim laboratorium forensik (labfor) masih melakukan olah TKP untuk menelusuri penyebabnya. Aktivitas perkantoran pun tetap berjalan. "Jadi yang penting sebenarnya adalah bagaimana merelokasi teman-teman yamg bekerja. Karena ini kita tetap harus bekerja. Kita punya tempat gedung yang Alhamdulillah tidak terbakar. Jadi kita sudah atur kemarin. Tetap beraktivitas," papar Ichsan.

Sementara barang dan dokumen lain yang terbakar masih sementara diinvetarisir. Ichsan belum mengetahui berapa taksiran lerugian yang dialami pasca kebakaran. "Belum dihitung. Ini sementara aset yang menghitung. Tapi beberapa tentu barang-barang ini sudah terbakar," jelasnya. Baca Juga : Gubernur Minta Kadinkes Cari Tahu Penyebab Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel

Sebelumnya kebakaran di gedung lantai 2 Dinkes Sulsel terjadi sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. Ichsan mengaku kejadian diketahui pertama kali oleh cleaning service kantor sekitar pukul 06.00 pagi. Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

Terpisah, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengemukakan, dugaan sementara penyebab kebakaran karena arus pendek. Apalagi usia bangunan yang sudah tua. Meski begitu, hal ini masih harus diperhatikan. "Dugaan sementara adalah arus pendek. Tapi saya berharap ini betul-betul dipastiaknapa penyebabnya apa memang arus pendek atau ada penyebab lain," kata Nurdin di rumah jabatannya.

Diapun berharap rehabilitasi bangunan Dinkes Sulswl bisa dilakukan. Agar aktivitas bisa berjalan normal. Sementara data-data atau dokumen yang terbakar, dikatakan juga sudah ada back up-nya. Baca Lagi : Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Warga : Terbakarmi Corona Juga

"Tugas kita sekarang adalah merehab cepat kantor ini cepat agar bisa dimanfaatkan kembali. Kemarin saya konfirm (Dinkes Sulsel) bagaimana dokumen-dokumen yang ada, ada back up. Jadi tidak ada masalah," jelasnya.



(sri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!