TOPIK TERPOPULER

Hari Ini, 7 Paslon Terima Rekomendasi dari Partai Demokrat

Muhaimin Sunusi
Hari Ini, 7 Paslon Terima Rekomendasi dari Partai Demokrat
Hari ini Rabu (05/08/2020), Partai Demokrat berencana mengeluarkan rekomendasi untuk 7 daerah di Sulsel. Foto : SINDOnews/Muhaimin Sunusi

MAKASSAR - Hari ini Rabu (05/08/2020), Partai Demokrat berencana mengeluarkan rekomendasi untuk 7 daerah di Sulsel.  "Besok kita akan serahkan rekomendasi untuk tujuh daerah di DPP. Makassar, Gowa, Bulukumba, Selayar, Tana Toraja, Toraja Utara dan Luwu Utara," ungkap Sekretaris Bappilu DPP Demokrat, Kamhar Lakumani, Selasa (04/08/2020) kemarin.

Adapun usungan Demokrat di 7 daerah ini ialah Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Makassar), Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni (Gowa), Andi Hamzah Pangki-Andi Murni Makking (Bulukumba) dan Zainuddin-Aji Sumarno (Selayar).

Selanjutnya Theofilius Allorerung-Zadrak Tombeg (Tana Toraja), Yohanis Bassang-Frederik Victor Palimbong (Toraja Utara) serta Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (Luwu Utara). Baca : Demokrat Dukung Zainuddin-Aji Sumarno di Pilkada Selayar



"Jadi besok yang diserahkan ialah surat rekom penetapan. Untuk B1-KWK belum ada, nanti serentak kepada seluruh usungan Demokrat," beber Kamhar.

Sebelumnya, Demokrat juga sudah menuntaskan tiga daerah lainnya dengan menyerahkan rekomendasi di DPP. Diantaranya Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri Hatta (Luwu Timur), Suardi Saleh-Andi Mirza Riogi (Barru) dan Abd Rahman Assegaf-Muammar Muhayang (Pangkep).

Tersisa dua daerah lainnya yakni Maros dan Soppeng. Dimana Demokrat sudah siap mengusung Amirullah Nur Saenong di Maros, tapi tergangjal wakil dan koalisi. Lalu siap menjagokan Andi Kaswadi Razak di Soppeng, namun belum klop dengan wakil. Baca Juga : Panitia Sudah Distribusikan Undangan Peserta Musda Golkar Sulsel

"Sisa Maros dan Soppeng. Kami masih tunggu laporan DPD seperti apa. Kita tunggu saja prosesnya," tambah Kamhar.

Salah seorang kandidat yang diagendakan menerima rekomendasi, Zainuddin mengaku bersyukur atas pilihan Demokrat yang ingin mengusungnya. Padahal dia bersama Aji Sumarno telah menempuh jalur perseorangan untuk bertarung di Pilkada Kepulauan Selayar 2020.

Selain Demokrat, PKB juga sudah lebih dulu mengarah ke paket dengan tagline ZAS ini. "Kami berterimakasih kepada Demokrat dan PKB yang ingin bersama-sama dengan kami. Dengan ini, tentu amunisi kami bertambah," bebernya.

Meski nantinya, Demokrat dan PKB akan menjadi pendukung bukan pengusung, Zainuddin mengklaim komitmen terhadap dua parpol ini tetap terjaga. Sekali pun bukan komitmen tertulis. "Baik pendukung atau pengusung itu sama saja. Bagi kami, komitmen secara moral terhadap dua partai ini tentu akan kami jaga," jelasnya.

Bakal calon Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengaku kehadiran Demokrat tentu membuatnya semakin pede bertarung di Pilkada 2020. Terlebih Golkar yang lebih dulu diamankannya jika koalisi dengan Demokrat, maka syarat kursinya sudah melebihi dari cukup.

"Kita semakin melaju ke depan untuk bertarung di Toraja Utara. Sehingga memberi kepercayaan diri bawah kita sudah siap betul bertarung. Karena syarat mendaftar di KPU sudah mencukupi," ujar Ombas sapaannya. Baca Lagi : Satu Bulan Jelang Pendaftaran Jadi Masa Krusial Paslon

Meski demikian, Ombas mengklaim masih ada satu partai lagi yang akan merapat. Ialah Gerindra yang juga memilki 4 kursi di DPRD Torut. Sehingga total kursi mereka akan menjadi 13 kursi. "Setelah ini, nanti akan menyusul Gerindra. Jadi tiga partai besar ini akan mengusung kami. Dan semakin membuat kami percaya diri," tegas mantan Wakil Bupati Mimika ini.



(sri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!