Sidratul Muntaha, Berada di Ujung Semesta Berdekatan dengan Surga

Sabtu, 09 Mei 2020 - 00:50 WIB
loading...
Sidratul Muntaha, Berada di Ujung Semesta Berdekatan dengan Surga
Bicara soal kematian, kita pasti sering bertanya-tanya tentang pohon Sidrat al-Muntaha yang diciptakan Allah SWT sebagai penanda akhir hidup mahluk-mahluknya. Foto : Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bicara soal kematian, kita pasti sering bertanya-tanya tentang pohon Sidrat al-Muntaha yang diciptakan Allah SWT sebagai penanda akhir hidup mahluk-mahluknya. Dimana letak dan keberadaan pohon tersebut.

Lalu, seringkali pula terbersit kekhawatiran jika daun Sidrat al-Muntaha yang jatuh hari ini telah tertulis nama kita, atau orang lain yang kita kenal. Soal kematian memang menjadi rahasia Allah SWT.

Keberadaan Sidrat al-Muntaha sendiri, telah banyak digambarkan Rasulullah Muhammad SAW saat melakukan perjalanan Isra' Miraj. Rasulullah menggambarkan Sidratul Muntaha, adalah tempat yang luar biasa, sebuah tempat yang berbentuk seperti pohon Bidara atau dalam bahasa Arabnya adalah Sidrah.

Baca : Saat Kematian Tiba, Daun Sidrat al-Muntaha Tertulis Namamu akan Jatuh kepada Izrail

Soal detail, Rasul tak mengatakan hal tersebut dengan cukup jelas. Hanya saja, beliau mengungkapkan jika tempat ini sangatlah indah. Dari Anas bin Malik, Rasul bersabda :

“Ketika aku dimi’rajkan ke langit ke tujuh, aku diajak ke Sidratul Muntaha,… ketika pohon ini diliputi perintah Allah, dia berubah. Tak ada seorangpun manusia yang mampu menggambarkannya, karena sangat indah.”

Sidratul Muntaha adalah sebuah pohon, maka selayaknya pohoh ia juga memiliki daun, buah dan akar. Hal ini juga tersirat dalam hadist.

“Aku melihat Shidratul-Muntaha di langit ke tujuh. Buahnya seperti kendi daerah Hajar, dan daunnya seperti telinga gajah. Dari akarnya keluar dua sungai luar dan dua sungai dalam. Kemudian aku bertanya, “Wahai Jibril, apakah keduanya ini?” Dia menjawab, “Adapun dua yang dalam itu ada di surga sedangkan dua yang di luar itu adalah Nil dan Eufrat.

Tentang daun Sidratul Muntaha, ada juga riwayat yang menyebutkan kalau banyaknya daun di sana jumlahnya sama dengan bilangan makhluk yang Allah ciptakan.

Pohon ini sendiri adalah ujungnya semesta dan ia terletak setelah puncaknya langit ke tujuh. Hal ini juga ditegaskan oleh sebuah riwayat oleh Ibnu Mas’ud dari Rasul yang mengatakan bahwa Sidratul Muntaha adalah pangkal dari semua yang naik. Dari sini bisa disimpulkan jika pohon ini terletak di sebuah tempat yang sangat tinggi.

Tak hanya itu, Sidratul Muntaha juga dikatakan sangat berdekatan dengan Surga. Hal ini dijelaskan di surat An Najm 12-18. Makin jelas bagaimana gambaran Sidratul Muntaha. Dan setelah mengetahui ini harusnya bikin kita makin kagum dan takjub dengan kebesaran Allah.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5859 seconds (0.1#10.140)