Sempat Ditutup, Pelayanan Puskesmas Mangkutana Kembali Dibuka

Kamis, 14 Mei 2020 - 20:00 WIB
loading...
Sempat Ditutup, Pelayanan Puskesmas Mangkutana Kembali Dibuka
Layanan Kesehatan di PKM Mangkutana kembali dibuka. Foto: Ilustrasi
A A A
LUWU TIMUR - Puskesmas Mangkutana, Luwu Timur sempat menutup pelayanan kesehatan, dengan alasan agar kondisi kembali steril dari wabah COVID-19.

Namun, setelah mendapat masukan dari salah satu anggota Dewan DPRD Lutim, sehingga pelayanan kesehatan akan kembali dibuka setelah ada seorang bidan yang melahirkan dengan cara cecar terpapar virus Corona.

Kepala Puskesmas (Kapus) Mangkutana, Wa Ode Firliani mengatakan, bahwa pihaknya memang telah menutup pelayanan kesehatan di PKM Mangkutana.

Baca Juga: Kepala Puskesmas Ujung Loe Diduga Jual Masker Pembagian Pemerintah

"Pak Alpian (Anggota DPRD Lutim Fraksi Hanura) telah berikan kami masukan agar pelayanan di PKM tetap dibuka, karena mengingat hak dasar masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan yang bermutu," kata dia saat dikonfirmasi, Kamis (14/05/20).

Lanjut Wa Ode Firliani, pelayanan PKM Mangkutana akan kembali dibuka esok (15/05/20). "Besok sudah dibuka kembali, kemarin kami mengambil langkah untuk menutup puskesmas agar kondisi kembali steril," katanya.

Anggota DPRD Luwu Alpian mengatakan, pihaknya memang meminta agar puskesmas Mangkutana dibuka kembali untuk melayani kesehatan warga.

"Puskesmas Mangkutana diharap tetap dibuka sebab hak dasar masyarakat atau pasien adalah yakni memperoleh layanan kesehatan yang bermutu. Minimal ada pelayanan di IGD atau UGD," katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Lutim dari Fraksi Hanura Alpian menyampaikan rasa prihatinnya terkait persoalan yang menimpa tenaga medis di PKM Mangkutana, namum menurutnya bukan berarti hak dasar masyarakat ikut terlupakan dalam hal ini pelayanan kesehatan.

"Saya tahu teman - teman tenaga medis dilematis dengan persoalan yang menimpa rekan sejawat di Puskesmas Mangkutana. Saya pun juga ikut prihatin. Tetapi bukan berarti hak dasar masyarakat secara umum ikut terlupakan jadi mari tetap bekerja melayani masyarakat dengan mengutamakan protokol Covid-19," kata Alpian.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)