Cegah Plagiarisme, Perpustakaan UMI Sosialisasi Turnitin

Kamis, 10 Juni 2021 - 16:04 WIB
loading...
Cegah Plagiarisme, Perpustakaan UMI Sosialisasi Turnitin
Sosialisasi repositori dan turnitin yang digelar Perpustakaan UMI secara virtual baru-baru ini. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Perpustakaan Usman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar sosialisasi repositori dan turnitin secara virtual baru-baru ini. Sosialisasi diikuti seluruh fakultas dalam lingkup UMI .

Kegiatan ini digelar dalam rangka mencegah praktik plagiarisme. Serta memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan dosen bagaiamans menghargai karya milik orang lain.

Baca Juga: UMIUMI terkait dengan bagaimana caranya mengontrol plagiarisme dengan turnitin yang ada di masing-masing fakultas dan program studi.

"Jadi perpustakaan yang melaksanakan dan mengontrol itu. Jadi bukan dilaksanakan di fakultas tetapi pihak fakultas boleh mengambil satu akun yang ada di perpustakaan untuk digunakan pra-kontrol tetapi keputusannya tetap keluar di perpustakaan, sehingga nanti semua unit yang ada bisa mengesahkan di perpustakaan," katanya dalam siaran pers yang diterima.

Baca Juga: UMIUMI juga sudah terindeks dengan peringkat 130 skala nasional.
"Saat ini sementara kita melakukan pengembangan untuk masuk 10 besar di Rama Ristekdikti untuk repositorinya". katanya.

Untuk turnitin sendiri, pihaknya mengatakan, akan menerapkan pada bulan ini juga bersamaan di seluruh fakultas dalam lingkup UMI .

"Dengan adanya turnitin dosen dan mahasiswa bisa melakukan pengecekan hasil karya tulis mereka apakah terdapat unsur plagiarisme dengan cara mengecek di fakultas masing-masing atau langsung mengirim file ke Repositori UMI, karena saat ini kita juga suda menyiapkan tiap masing-masing fakultas sudah memiliki satu akun, tetapi administratornya tetap berada di repositori UMI," ungkapnya.

Baca Juga: UMI

Lihat Juga: 7 Ilmuwan Islam Paling Berpengaruh Sepanjang Masa
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)