Vaksinasi Covid-19 di Pinrang Mulai Menyasar Ibu Hamil

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 18:53 WIB
loading...
Vaksinasi Covid-19 di Pinrang Mulai Menyasar Ibu Hamil
Pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di Kabupaten Pinrang, Sabtu (28/8). Foto: Humas Pemkab Pinrang
A A A
PINRANG - Pemerintah Kabupaten Pinrang mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil (bumil) , Sabtu (28/8). Pencanangan vaksinasi bumil dilakukan di Puskesmas Salo, Kabupaten Pinrang.

Pencanangan vaksinasi bumil dihadiri Ketua PKK Pinrang, A Sri Widiyati Irwan, Kepala Dinas Kesehatan Pinrang drg Dyah Puspita Dewi, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Pinrang dr Amtsir Muhadi, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Pinrang, Irma Nurnaningsih, serta dr Amar Maruf, dokter ahli obgin.

Baca Juga: vaksinasi bumilbumil tersebut tersebar di 12 kecamatan.

“Untuk kecamatan serentak akan dimulai pada hari Senin,” ungkap Dyah Puspita Dewi seperti dikutip dari website Pemkab Pinrang.

Dewi melanjutkan, vaksinasibumil ini terselenggara atas kerja sama Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK Pinrang, Dinas P2KBP3A, dan Persatuan Dokter Obgin Pinrang.

Baca Juga: bumil
Dalam kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Pinrang, A Sri Widiyati Irwan juga menyerahkan bingkisan kepada bumil yang lolos uji screening vaksinasi.

Dikutip dari laman penanganan Covid-19 Republik Indonesia, bumil merupakan salah satu target sasaran prioritas program vaksinasi Covid-19 untuk menekan angka risiko penularan, bahkan kematian akibat Covid-19 pada bumil . Hal ini ditetapkan Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran No. HK.02.01/I/ 2007/2021.

Baca Juga: bumil 13 minggu atau antara 13-33 minggu, memiliki tekanan darah normal. Tidak punya gejala atau keluhan pre eklampsia, dan tidak sedang menjalani pengobatan dan jika memiliki komorbid harus dalam kondisi terkontrol.

Bumil bisa melakukan registrasi vaksinasi di tempat layanan vaksin atau faskes yang ditunjuk oleh pemerintah. Vaksin yang diperbolehkan untuk bumil adalah Sinovac, Moderna, Pfizer sesuai ketersediaan.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)