Akselerasi Transformasi Digital, Tingkatkan Pelayanan Pemerintah Daerah

Kamis, 07 Oktober 2021 - 16:53 WIB
loading...
Akselerasi Transformasi Digital, Tingkatkan Pelayanan Pemerintah Daerah
Program smart city bernama OneMap.id yang dikembangkan Esri Indonesia
A A A
MAKASSAR - Teknologi berkembang sangat pesat. Pelaku usaha hingga pemerintah harus beradaptasi dengan melakukan upaya akselerasi transformasi digital, guna memberikan kemudahan dan mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Salah satu inovasi yang bisa menjadi solusi untuk mempercepat transformasi digital, khususnya di lingkup pemerintah daerah, adalah penggunaan portal berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG).

Baca Juga: Smart City
Onemap.id menampilkan solusi-solusi tematik berbasis geospasial yang dikembangkan Esri Indonesia untuk memenuhi kebutuhan spesifik pemerintah daerah di Indonesia. Solusi ini mencakup pengawasan epidemiologi, pengelolaan pajak dan pendapatan, pemantauan kejahatan, pengelolaan lingkungan dan limbah, pariwisata, mitigasi dan tanggap bencana, pengelolaan infrastruktur, bantuan sosial dan keterlibatan masyarakat.

Chief Industry Solution Officer Esri Indonesia, Cahyo Nugroho menjelaskan solusi-solusi tersebut dapat dengan mudah diterapkan dan diintegrasikan ke dalam sistem yang ada tanpa menulis satu baris kode pun.

Baca Juga: Pandemi Covid-19
Sebagai contoh, para pengambil keputusan terkait pekerjaan umum dan infrastruktur dapat menggunakan teknologi SIG untuk membantu mengelola perkotaan dan lembaga pemerintah, memaksimalkan investasi infrastruktur publik.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Cahyo, infrastruktur publik seperti waduk, jembatan, bendungan tentunya memerlukan visualisasi yang baik untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Dengan menggunakan peta interaktif dan pemantauan melalui satu dashboard akan membantu pengambil keputusan untuk merencanakan dan memperpanjang umur manfaat infrastruktur publik.

Baca juga:YABM, PHRI dan IHGMA Sulsel Bagikan Bingkisan ke Peserta Vaksinasi

"Selain itu, teknologi artificial intelligence berbasis geospasial atau biasa disebut Geo-AI, dapat digunakan di dalam melakukan analisis terhadap objek-objek infrastruktur seperti kerusakan jalan. Hal tersebut juga akan memastikan para pembayar pajak dan generasi mendatang memperoleh manfaat dan menikmati infrastruktur yang telah dibangun dan dipelihara dengan baik,” katanya.

Hingga hari ini, 15 kota telah menggunakan OneMap.id, di antaranya Kabupaten Gresik, Pasuruan, Sampang, Kota Banjarbaru, Kabupaten Kutai Kartanegara, Wonogiri, Puncak Jaya, Provinsi Maluku, Sulawesi Selatan, Kota Mojokerto, Bontang, Provinsi Kawa Timur, Kabupaten Hamahera Utara, Kabupaten Halmahera Timur. Saat ini banyak kota dan kabupaten yang telah tertarik dengan konsep Smart City berbasis SIG dan bersiap untuk melakukan implementasi.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3618 seconds (0.1#10.140)