TOPIK TERPOPULER

IRT di Makassar Curi Handphone Demi Penuhi Kebutuhan Balitanya

Faisal Mustafa
IRT di Makassar Curi Handphone Demi Penuhi Kebutuhan Balitanya
NA (20) saat berada di Mapolsek Biringkanaya. Ia ditahan atas tuduhan pencurian di sejumlah rumah di lokasi berbeda. Foto: Dokumentasi polisi

MAKASSAR - Seorang ibu rumah tangga (IRT), berinisial NA (20) terpaksa meringkuk di tahanan Polsek Biringkanaya. Ia diamankan setelah diduga mencuri ponsel di rumah warga yang pintunya tidak tertutup. Aksi kejahatan NA telah dilakukan berulang kali.

Kapolsek Biringkanaya, Kompol Rujiyanto mengatakan, dalam keterangannya pelaku sudah beraksi sebanyak tiga kali, masing-masing di daerah Salodong, Dg Ramang, dan Sudiang. Selain ponsel, ibu satu anak ini juga mengambil uang tunai jutaan rupiah.

Baca juga: Residivis Pembobol ATM Lintas Provinsi Diamankan di Makassar

"Modusnya mencari rumah-rumah yang terbuka pintunya, lalu mengintai. Ketika tidak terlihat penghuninya, pelaku masuk dan mengambil handphone di ruang tamu, pada saat itu dia mengambil dua buah handphone di daerah Sudiang," kata Rujiyanto di kantornya, Rabu (1/12).

Menurutnya, motif NA melakukan pencurian untuk memenuhi kebutuhan anak perempuan semata wayangnya yang masih berumur 3 tahun. "Jadi dipakai beli susu, popok dan kebutuhan lainnya," ujar Kapolsek.



Perwira Polri satu bunga ini menjelaskan, pelaku dalam beraksi sangat lihai. Beruntung petugas mendapat informasi keberadaannya di wilayah Kecamatan Makassar. "Setelah mendalami CCTV dan dibantu warga kami menangkap pelaku di rumahnya di Jalan Abu Bakar Lambogo," tuturnya.

Baca juga: Nurdin Abdullah dan Tim Kuasa Hukum Masih Berunding soal Upaya Banding

Sementara itu, kepada polisi, NA mengaku nekat mencuri lantaran tidak punya pekerjaan tetap. Ia terlilit utang karena kebutuhan anak perempuannya tak bisa terpenuhi, setelah suaminya ditahan karena kasus narkoba. "Mau diapa pak, tidak ada uang," imbuhnya saat diinterogasi.

Atas perbuatannya, penyidik menjerat NA dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman penjara maksimal lima tahun. Polisi juga mengamankan sepeda motor yang dipakai mencuri dan rekaman CCTV yang memperlihatkan aksinya.




(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!