TOPIK TERPOPULER

UMI Lepas Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Andi Nur Isman
UMI Lepas Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka
Suasana pelepasan peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di UMI, Jumat (14/1/2022). Foto: SINDOnews/Andi Nur Isman

MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) melepas peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka dari berbagai kampus di Indonesia, di Auditorium Al-Jibra, Jumat (14/1/2022). Mereka telah menjalani proses perkuliahan di UMI selama satu semester.

Dalam program ini, ada 64 mahasiswa dari berbagai kampus yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di UMI. Sementara, UMI mengirim 46 mahasiswa dan disebar ke 17 perguruan tinggi.

Baca juga: UMI Harap Media Ikut Kembangkan Kualitas Perguruan Tinggi

Dosen Pendamping Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Abdul Hais mengatakan, pertukaran ini merupakan program Kemendikbud. Program ini mulai efektif berjalan sejak 2021 lalu.

“Ini adalah mahasiswa yang mengambil program Modul Nusantara. Karena mengambil mata kuliah lain, dia mengambil juga mata kualiah di UMI di fakultas yang sama dengan fakultasnya,” jelas Dekan Fakultas Pertanian UMI itu.



Melalui program Modul Nusantara ini, mahasiswa diboboti dua SKS. Kemudian setiap mahasiswa bisa mengambil mata kuliah yang ada di UMI degan bobot mencapai 18 SKS.

Baca juga: Rektor UMI Hadiri Seminar Nasional dan Rakon FRI di Malang

“Modul Nusantara ada kebhinekaan, inspirasi, dan kontribusi sosial. Itu dilakukan setiap minggu. Jadi waktu luang bisa dibawa melihat keanekaragaman destinasi, kebudayaan, dan seni,” sebutnya.

Koordinator Pertuakaran Mahasiswa Merdeka, Hardianti Utami menambahkan, mahasiswa yang mengikuti program ini tetap menjalani perkuliahan seperti biasa. Hanya saja dilakukan di kampus yang berbeda.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!