TOPIK TERPOPULER

Kantor Imigrasi Makassar Lakukan Uji Coba Pelayanan Paspor di MPP Maros

Najmi Limonu
Kantor Imigrasi Makassar Lakukan Uji Coba Pelayanan Paspor di MPP Maros
Suasana pelayanan paspor di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Maros, Kamis (16/6/2022). Foto: SINDOnews/Najmi Limonu

MAROS - Kantor Imigrasi Makassar melakukan uji coba pelayanan penggantian paspor di Mall Pelayanan Publik (MPP). Sekitar 20 warga Maros ikut berpartisipasi dalam penggantian paspor yang sudah habis masa berlakunya, Kamis (16/6/2022).

Menurut Analis Keimigrasian Muda Kantor Imigrasi Makassar, Kuntomo Agung Pribadi, uji coba ini dilakukan menjelang peresmian MPP Maros pada 7 Juli mendatang.

Baca juga: Imigrasi Makassar Sosialisasi M-Paspor di Kabupaten Jeneponto

“Kami melakukan uji coba penggantian paspor karena ke depan kami akan berkontribusi dalam MPP ini. Berbeda dengan layanan di Kantor Pusat Imigrasi di Makassar yang pendaftaran pelayanan paspor melalui sistem online maka kami di MPP Maros ini memiliki layanan inovasi yaitu Kaisar Simantap,” ujarnya.

Kaisar Simantap ini lanjut Agung merupakan layanan inovasi melayani tanpa antrean paspor dengan sistem jemput bola ke masyarakat. Dengan layanan ini diharapkan masyarakat dapat dimudahkan dalam pengurusan paspor.

"Khususnya masyarakat Maros lebih dekat dalam pengurusan paspor, tidak perlu jauh-jauh ke Makassar,” ujar Agung.

Agung menambahkan, untuk uji coba ini hanya akan berlangsung satu hari dan akan beroperasi secara resmi tanggal 7 Juli mendatang saat peresmian MPP oleh Kemenpan RB.

"Setelah beroperasi nanti mungkin kuota per hari pengurusan paspor sekitar 50 paspor untuk penggantian dan pembuatan baru. Satu lagi layanan yang akan ada di MPP Maros yakni layanan info keimigrasian," katanya.

Baca juga: Penerbangan Internasional Dibuka, Imigrasi Perketat Pengawasan dengan Timpora

Agung mengatakan, tidak hanya masyarakat Maros yang bisa memanfaatkan layanan keimigrasian di MPP Maros tapi juga masyarakat luar Kabupaten Maros.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!