TOPIK TERPOPULER

Mulai Terima Mahasiswa, ITH Parepare Prioritaskan Putra Putri Daerah

Darwiaty Dalle
Mulai Terima Mahasiswa, ITH Parepare Prioritaskan Putra Putri Daerah
Kegiatan bincang santai Lebih Dekat dengan ITH yang mengundang masyarakat umum di Hotel Pariwisata Parepare, Selasa (5/7/2022). Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) Kota Parepare memulai penerimaan mahasiswa baru secara perdana tahun ini. Putra dan putri asli daerah akan mendapat peluang lebih besar diterima.

Hal tersebut diungkap Wakil Rektor Bidang Akademik ITH Parepare, Armin Lawi dalam bincang santai "Lebih Dekat dengan ITH" yang mengundang masyarakat umum di Hotel Pariwisata Parepare, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: BJ Habibie Bapak Teknologi, Perintis Industri Pesawat Terbang Pertama di Indonesia

“Kami membuka peluang lebih besar untuk putra daerah lokal. Karena itu ITH membuka jalur mandiri lokal, supaya membuka peluang lebih besar putra putri daerah untuk diterima ITH,” papar Armin.

Armin menjelaskan, ITH membuka tiga jalur penerimaan, yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Mandiri, Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan (POSK), serta Penghafal Al-Qur’an.

Sementara program studi (prodi) yang dibuka adalah matematika, teknik informatika, dan sistem informasi.

“Kalau SPP menggunakan metode uang kuliah tunggal atau UKT empat level. Level satu mulai dari 0 sampai Rp500 ribu, level dua Rp500 ribu sampai Rp1 juta, level tiga Rp1 juta sampai Rp2 juta, level empat Rp2 juta sampai Rp3 juta. Tapi nantinya porsi lebih besar adalah untuk level satu dan level dua,” terang Armin.

Baca juga: Kemendikbudristek Siapkan Rp12 M untuk Pengembangan Institut Teknologi Habibie

Ke depan, kata Armin, seiring dengan terus berkembangnya ITH, juga akan diprogramkan beasiswa bagi mahasiswa. Di samping itu, dia juga menegaskan bahwa ITH merupakan perguruan tinggi negeri Nasional, milik Pemerintah RI di bawah naungan Kemendikbudristek.

Sementara itu, Rektor ITH Parepare, Prof Ansar Suyuti dalam kesempatan tersebut memaparkan secara umum ITH Parepare. Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas) ini menekankan bahwa ITH hadir berlandaskan cinta. Pilihan kuliah di ITH menurutnya salah satu jalan menuju sukses.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!