TOPIK TERPOPULER

105 Siswa Sekolah Islam Athirah Lolos Masuk Perguruan Tinggi Ternama

Alfiandis Nur Hidayat
105 Siswa Sekolah Islam Athirah Lolos Masuk Perguruan Tinggi Ternama
Suasana proses belajar mengajar di Sekolah Islam Athirah. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Proses belajar mengajar (PBM) di Sekolah Islam Athirah menunjukkan hasil positif. Itu terlihat dari tingginya jumlah siswa yang lolos masuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Para alumi Sekolah Islam Athirah tersebut lolos melalui berbagai jalur, seperti jalur undangan atau SNMPTN, jalur ujian tertulis atau UTBK-SBMPTN, hingga jalur khusus prestasi.

Baca juga: Sambut Tahun Ajaran Baru, SD Islam Athirah 2 Raker Kurikulum Merdeka

Tahun ini, Sekolah Islam Athirah berhasil mengantarkan 105 siswa masuk perguruan tinggi. Rinciannya, 23 siswa lolos seleksi melalui jalur SNMPTN, 75 siswa lolos seleksi melalui jalur UTBK-SBMPTN, dan 7 siswa lolos seleksi melalui jalur prestasi.

Mereka tersebar di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Hasanuddin (Unhas), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Prasetya Mulya (Prasmul).

Selain itu, mereka juga berhasil lolos pada program studi (prodi) favorit seperti Ilmu Hukum UI, Pendidikan Dokter Gigi Unhas, Psikologi UNM, dan Matematika Bisnis Prasmul.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan SDM SMA Islam Athirah 1 Makassar, B.J. Gunawan menyebutkan, sejumlah rangkaian proses penggemblengan siswa kelas XII dilakukan menjelang UTBK. Sedikitnya delapan poin sukses UTBK ia sampaikan termasuk konsultasi pemilihan jurusan yang didampingi psikolog.

Baca juga: SMA Islam Athirah Bukit Baruga Raih Juara Pertama KTI di Ajang OPen 2022

“Untuk kelas XII, kita siapkan pemetaan peminatan sains dan teknologi (saintek) dan sosial hukum (soshum), bimbingan UTBK yang dimulai sejak bulan November, try out UTBK lokal dan nasional bermitra dengan lembaga bimbel terbaik, konsultasi jurusan dengan psikolog, motivasi UTBK, karantina, zikir dan doa, serta pelatihan guru pembimbing UTBK,” terangnya.

Selain untuk siswa, Sekolah Islam Athirah juga melatih guru dalam hal peningkatan kapasitas sebagai pendidik. Satu di antaranya adalah bekerja sama dengan sekolah terbaik yang ada di luar Sulawesi.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!