TOPIK TERPOPULER

Disdukcapil Pangkep Hadirkan Aplikasi ICore, Permudah Layanan Adminduk

Muhammad Subhan
Disdukcapil Pangkep Hadirkan Aplikasi ICore, Permudah Layanan Adminduk
Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau saat menghadiri acara peluncuran aplikasi ICore. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pangkep meluncurkan aplikasi berbasis android bernama ICore, Senin (25/7/2022). Aplikasi ini akan memberi kemudahan layanan administrasi kependudukan (adminduk).

Kepala Disdukcapil Pangkep, Arisal Hasan menyampaikan, aplikasi identitas kependudukan digital ini untuk mempermudah masyarakat dalam membawa dokumen kependudukannya.

Baca juga: 9 OPD Pemkab Pangkep Diberi Akses Data Kependudukan

Ia mengatakan, dengan aplikasi ini, masyarakat Pangkep tidak perlu lagi datang di kantor Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan.

"Yang penting ada signal dan kouta internet, melalui aplikasi ICore, semua layanan kependudukan sudah bisa didapatkan kecuali perekaman dan cetak KTP serta KIA," ucapnya usai peluncuran di ruang pola kantor Bupati Pangkep, Senin (25/7/2022).

Ia menuturkan, hampir seluruh pengurusan layanan administrasi kependudukan dapat dilakukan melalui aplikasi ICore, kecuali perekaman e-KTP dan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Untuk dua layanan tersebut, pemohon harus tetap dilayani secara langsung oleh petugas Disdukcapil.

Baca juga: Bappenas Jadikan Pangkep Major Project Pengelolaan Garam

"Kalau dulunya membawa dokumen kependudukan dalam bentuk fisik, menjadi dokumen kependudukan dalam bentuk digital yang tentunya lebih mudah dibawa ke mana saja melalui HP. Lupa KTP bisa saja, tapi lupa HP sangat kecil kemungkinan," ucapnya lagi.

Peluncuran aplikasi ICore dirangkaikan dengan sosialisasi aplikasi yang dilakukan langsung oleh Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL). MYL berharap, dengan aplikasi ini pelayanan kepada masyarakat semakin mudah dan cepat.

Baca juga: MYL Kenalkan Potensi Wisata saat Terima Peserta Kejurnas Benteng Kupa Rally

"Dengan program ini, ini adalah solusi terbaik buat kita semua," katanya.

Olehnya itu, MYL menyampaikan kepada jajaran camat, lurah dan desa agar menyebarluaskan terkait adanya program ini kepada warga.





(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!