TOPIK TERPOPULER

Pengerjaan Ruas Jalan Boneposi-Kadundung Luwu Rampung September

Chaeruddin
Pengerjaan Ruas Jalan Boneposi-Kadundung Luwu Rampung September
Sosialisasi pembangunan ruas jalan Boneposi-Kadundung kepada masyarakat setempat oleh tim Pemkab Luwu. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu menargetkan pembangunan dan pengerasan ruas jalan Desa Boneposi dan Desa Kadundung, selesai pada bulan September.

Kabag Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu, Hj Enrika Nurthalib Enrika menyampaikan, rencana kegiatan ini tidak ada kendala.

Baca juga: Penilaian Ombudsman jadi Motivasi Dinkes Lutra Tingkatkan Pelayanan Publik

"Sosialisasi penanganan dampak sosial di Kecamatan Bajo Barat dan Kecamatan Latimojong telah dilaksanakan beberapa kali. Masyarakat menerima dengan baik rencana ini," ujarnya.

"Selain masyarakat, DPRD, Polres dan Kejaksaan juga memberikan dukungan penuh program pembangunan jalan Desa Boneposi ke Desa Kadundung," lanjutnya.

Kepala Dinas PUPR, Ikhsan Asaad, menyampaikan, program pembentukan dan pengerasan jalan Boneposi-Kadundung sepanjang 6,4 kilometer dengan lebar jalan 6 meter.

Baca juga: PKK Palopo Diganjar Penghargaan saat Peringatan Hari Kesatuan Gerak

Kegiatan ini menelan anggaran sekira Rp7 miliar, termasuk pembangunan jembatan sepanjang 15 meter. "Sementara proses tender. Perencanaannya bulan September dikerja dan selesai bulan itu juga," ujarnya.

Pembangunan jalan Boneposi-Kadundung merupakan bagian dari dana hibah PT Masmindo Dwi Area ke Pemkab Luwu sebesar Rp67 miliar yang diserahkan secara bertahap.

Sekda Luwu, H Sulaiman, menjelaskan pembangunan ruas jalan Desa Boneposi hingga Desa Kadundung sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara PT Masmindo Dwi Area dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Nomor 180/35/III/Huk/2022 yang telah ditandatangani pada tanggal 16 Maret 2022.

Baca juga: PKK Luwu Boyong Tiga Juara di HKG PKK ke-50 Sulsel

"Dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah tersebut, pada Pasal 3 Ayat 2, dijelaskan salah satu peruntukkan dana hibah adalah untuk pembangunan ruas jalan masyarakat atau community road dari Desa Boneposi ke Desa Kadundung," ungkapnya.

"Dengan adanya pembangunan jalan selebar 6 meter ini diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat ke depannya. Alur ini akan menjadi jalur alternatif paling singkat dari Desa Boneposi ke Desa Kadundung," ungkapnya.





(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!