TOPIK TERPOPULER

Berendam Air Dingin Bantu Kurangi Lemak Tubuh, Ini Penjelasan Ilmiahnya

SINDOnews
Berendam Air Dingin Bantu Kurangi Lemak Tubuh, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Berendam air dingin bermanfaat untuk mengurangi jumlah lemak tak sehat dalam tubuh.Foto/ilustrasi

JAKARTA - LIPSTIL MAKASSAr

Berendam air dingin bermanfaat untuk mengurangi jumlah lemak tak sehat dalam tubuh. International Journal of Circumpolar Health membagikan ulasan terbarunya mengenai hal ini.

Dalam ulasan tersebut juga disebutkan bahwa paparan air dingin juga dapat menurunkan risiko diabetes. Pasalnya, berendam air dingin dipercaya bisa meningkatkan jumlah hormon yang disebut adiponektin yang dihasilkan jaringan adiposa.

Baca juga:Heboh Suami Berusia 19 Tahun Kasih Mahar ke Istrinya Rp300 Juta, Resepsi Ngundang Pasha Ungu

Adiponektin memainkan peran penting dalam mencegah resistensi insulin, suatu keadaan di mana otot, lemak, dan hati menjadi kurang responsif terhadap insulin.

Sang penulis jurnal sekaligus profesor di UIT - Universitas Arktik Norwegia, Dr. James Mercer mengatakan, terdapat beberapa manfaat dari paparan air dingin bagi kesehatan, di antaranya: - Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
- Meningkatkan sirkulasi
- Meningkatkan libido
- Membakar kalori
- Mengurangi stres
- Menghilangkan depresi
- Melancarkan metabolisme
- Meningkatkan kesehatan jantung
- Mengurangi rasa sakit dan peradangan

"Pengamatan kami menunjukkan bahwa ada semakin banyak bukti dari manfaat ini, terutama mengenai potensi efek kesehatan pada sistem kekebalan, efek profilaksis potensial pada sistem kardiovaskular, profilaksis terhadap resistensi insulin, dan peningkatan sensitivitas insulin dan kesehatan mental," jelas Mercer, seperti dikutip Healthline, Sabtu (24/9/2022).

Namun, dia mencatat bahwa dampak memberikan gairah alami yang tinggi, meningkatkan libido, dan mengurangi depresi tampaknya belum bisa sepenuhnya benar karena belum didukung oleh bukti.

Penelitian tentang manfaat berendam air dingin Ahli fisiologi olahraga, kesehatan wanita, kesehatan jantung, dan termoregulasi di University of Oregon serta anggota American Physiological Society, Dr. Chris Minson mencatat, beberapa bukti kuat yang diungkapkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa paparan air dingin tampaknya membantu dalam pengaturan gula darah.



(msd)

TULIS KOMENTAR ANDA!