TOPIK TERPOPULER

Kartu Pra Kerja Dibuka Lagi! Siap-siap, Kuota Sulsel Cukup Besar

Syachrul Arsyad
Kartu Pra Kerja Dibuka Lagi! Siap-siap, Kuota Sulsel Cukup Besar
Program kartu pra kerja tahap keempat akan kembali dibuka. Bagi peminat, pemerintah merencanakan pendaftarannya berlangsung pekan depan. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Program kartu pra kerja tahap keempat akan kembali dibuka. Bagi peminat, pemerintah merencanakan pendaftarannya berlangsung pekan depan.  Baca : Pendaftaran Kartu Pra Kerja Tahap Keempat Belum Jelas

Kepala Disnakertrans Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, rencana pendaftaran kartu pra kerja ini kembali mengemuka usai rakor bersama Menteri Ketenagakerjaan.  "Jadi sudah diadakan pertemuan rakor melalui zoom dengan bu menteri, batch (gelombang) empat akan segera diluncurkan. Sesegara mungkin dibuka pendaftarannya," ujar Darmawan kepada SINDOnews, kemarin.

Meski begitu, Wawan (sapaan akrabnya_red) belum bisa memastikan jadwal pastinya. Namun pendaftarannya juga tetap akan diumumkan, termasuk melalui portal resmi kartu pra kerja.

Diketahui, pendaftaran kartu pra kerja sempat tertunda yang sedianya dibuka Juni 2020 lalu. Namun diundur dengan alasan ada perbaikan sistem dari pemerintah pusat. "Kenapa batch empat ini sempat berhenti, sebab kementerian memperbaiki sistemnya dulu. Karena disinyalir bahwa ada ternyata penerima manfaat itu bukan merupakan yang dimasukkan penerima kartu pra kerja. Tidak tepat sasaran, istilahnya," sebut dia.



Namun Wawan belum bisa memastikan, dugaan tersebut juga ada di Sulsel. Pasalnya, program Kartu Pra kerja, langsung ditangani oleh pemerintah pusat. Untuk tingkat provinsi, hanya membantu memfasilitasi para peserta yang hendak mendaftar.

"Dari Sulsel itu sudah ada 23.000 lebih yang lulus. Dan saya tidak bisa mengindetifikasi pertanyaan apakah itu memang betul tepat sasaran atau tidak. Yang jelas kita masih mempunyai kuota tersisa cukup besar," urai Wawan.

Makanya, dia berharap pada pendaftaran selanjutnya betul-betul bisa tepat sasaran. Apalagi program ini tujuannya untuk membantu para tenaga kerja yang terdampak di perusahaannya akibat COVID-19, baik mereka yang dirumahkan, atau kena PHK.

"Makanya beliau (menteri tenaga kerja) menjanjikan akan segera dimulai kembali pendaftarannya. Tapi dengan asumsi semua sudah jelas terkait dengan prosedurnya untuk memastikan itu tepat sasaran," pungkas Wawan. Baca Juga : 15.625 Warga Sulsel Lulus Kartu Pra Kerja dan Berhak Dapat Insentif

Sementara Koordinator Fungsional Pengantar Kerja Disnakertrans Sulsel, Syamsi Alang menambahkan, berdasarkan informasi tahap keempat pendaftaran kartu pra kerja direncanakan pekan depan. "Informasinya begitu," singkat Syamsi Alang.

Hingga saat ini, pengumuman kelulusan kartu prakerja baru sampai pada tahap ketiga. Khusus Sulsel, ada 23.740 yang lolos. Dengan rincian, pada tahap pertama 5.703 orang, tahap kedua 9.992, dan tahap ketiga 8.115 orang.

Khusus di Sulsel, pemerintah pusat memberikan kuota penerima yang cukup besar. Totalnya untuk 158.936 orang penerima kartu prakerja. Mereka yang lulus dalam program ini, akan mendapatkan insentif total senilai Rp3.550.000 per orang yang sebagian besar digunakan untuk pelatihan online. Baca Lagi : Kuota Kartu Pra Kerja Sulsel 158.936 Orang, Yuk Jangan Bosan Daftar



(sri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!