Bisa Berbahaya Jika Minum Es Teh Lebih Banyak Saat Buka Puasa

Senin, 18 Mei 2020 - 02:13 WIB
loading...
Bisa Berbahaya Jika Minum Es Teh Lebih Banyak Saat Buka Puasa
Berbuka puasa dengan segelas es teh memang sungguh nikmat. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Berbuka puasa dengan segelas es teh memang sungguh nikmat. Minuman sejuta umat ini menjadi primadona pelepas dahaga paling jitu, sebab bisa dinikmati bersama berbagai varian makanan.

Minuman ini juga menjadi pilihan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta di moment Ramadhan. Namun dibalik kenikmatannya, kamu tetap harus hati-hati mengonsumsi es teh.

Jangan sampai lebih dari tiga gelas sehari karena dapat mengancam kesehatanmu bahkan bisa berujung pada kematian. Apa saja dampak buruk mengonsumsi es teh berlebihan? dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Baca : Saat Keramas Campurkan 1 Sendok Gula Pasir, Lalu Lihat Hasilnya untuk Rambut

1. Resiko Stroke
Teh manis cenderung meningkatkan asupan gula di dalam tubuh, yang mengakibatkan kadar trigliserida menjadi tinggi. Inilah yang memicu resiko stroke pada manusia.

2. Memicu Diabetes
Es teh ternyata bisa memicu penyakit diabetes. Hal tersebut terjadi jika seseorang memasukkan banyak gula, terlebih menggunakan pemanis buatan. Terlalu banyak mengonsumsi gula berpotensi memicu diabetes. Untuk itu jaga takaran gula jika mengonsumsi es teh yah guys.

3. Memicu Batu Ginjal
Teh hitam mengandung oksalat yang dalam jumlah besar dapat terkonsentrasi di dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kandungan oksalat di dalam teh cukup tinggi, belum lagi jika ditambah dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam yang juga tinggi oksalat maka dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal oksalat meningkat. Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa sumber oksalat utama pada pasien-pasien dengan batu ginjal adalah kopi dan teh hitam yang diminum secara rutin setiap hari.

4. Obesitas
Apabila kamu menggunakan pemanis buatan ketika membuat teh manis, hal ini tentu akan berpengaruh pada berat badan. Kita ketahui bersama, terlalu banyak mengonsumsi yang gula akan membuat berat badan seseorang bertambah. Apalagi jika kamu meminum es teh manis yang Anda beli di supermarket. Minuman teh kemasan, setidaknya memiliki 250 kalori dan mengandung lebih banyak gula dibandingkan dengan minuman soda. Hal ini tentu akan membuat kamu akhirnya mengalami obesitas.

Baca Juga : Insomnia? Tekan 6 Titik Ini Maka Kamu Tertidur dalam 2 Menit
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)