Nasdem Buka Posko Pengaduan Bagi Korban Kekerasan Seksual

Senin, 17 Januari 2022 - 23:21 WIB
loading...
Nasdem Buka Posko Pengaduan Bagi Korban Kekerasan Seksual
Pengurus DPW Partai Nasdem Sulsel dalam sebuah agenda rapat. Foto: Humas Nasdem Sulsel
A A A
MAKASSAR - Partai Nasdem membuka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual di seluruh Indonesia. Posko ini merupakan inisiatif Ketua DPP Bidang Perempuan dan Anak Nasdem, Amelia Anggraini.

Pembukaan posko ini dilatarbelakangi jumlah korban kekerasan seksual yang terus meningkat. Berdasarkan data milik KemenPPPA, kekerasan pada anak di 2019 terjadi sebanyak 11.057 kasus, 11.279 kasus pada 2020, dan 12.566 kasus hingga data November 2021.

Baca Juga: kekerasan seksual
" Kekerasan seksual yang tidak terlapor tidak bisa dianggap remeh, oleh karenanya kami membuat Posko Pengaduan Kekerasan Seksual di seluruh Indonesia. Saat launching, semua elemen internal partai seluruh Indonesia akan ikut serta secara virtual," kata Amel dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Senin (17/1/2022).

Amelia menuturkan, rencananya peluncuran posko bakal dilaksanakan secara simbolis pada Selasa 18 Januari 2022 di Kantor DPW Partai Nasdem DKI Jakarta. Upaya ini dilakukan karena Nasdem ingin all out dalam upaya penghapusan kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Partai Nasdem
Caranya masyarakat bisa langsung datang ke posko untuk mendapatkan layanan pendampingan hukum, konsultasi, serta layanan recovery mental jangka pendek. Lalu, bagaimana dengan data pelapor?

Baca Juga: kekerasan seksual
"Menceritakan kejadian yang traumatis itu perlu kita akui sangat sulit, terlebih stigma negatif akan menjadi cap seumur hidup bagi korban kekerasan seksual . Oleh karenanya, kita akan jamin kerahasiaan data dari para pengadu di setiap posko," bebernya.

Amelia berharap, penyintas kekerasan seksual dapat berani untuk bicara. Karena menurutnya dengan cara itu, masyarakat akan mengetahui betapa mengerikannya angka dan dampak dari kekerasan seksual .

“Posko Pengaduan Kekerasan Seksual ini diharapkan dapat menjawab problem kekerasan seksual di berbagai daerah. Secara politis juga, Nasdem konsisten berjuang di DPR," tegas Amel.

Baca Juga: Kekerasan Seksual
"Kami di DPW Partai Nasdem Sulsel juga akan segera membentuk Posko Pengaduan Kekerasan Seksual dalam waktu dekat. Malam ini, pengurus sudah melakukan rapat pembentukan poskonya," tambah Taqim.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3477 seconds (0.1#10.140)