Pemkab Gowa Gandeng USAID Maksimalkan Tata Kelola Pemerintahan

Rabu, 13 April 2022 - 19:30 WIB
loading...
Pemkab Gowa Gandeng USAID Maksimalkan Tata Kelola Pemerintahan
Sekda Gowa, Kamsina saat menghadiri Lokakarya Pelaksanaan Program USAID ERAT Provinsi Sulsel di Lily Ballroom Hotel Four Points Makassar, Selasa (12/4). Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menjalin kerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID) dalam upaya membangun tata kelola pemerintahan yang berkualitas.

Kerja sama ini dimaksimalkan melalui program tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, dan kuat atau Program ERAT yang dituangkan dalam Grant Implementation Agreement (GIA) pada 6 April 2021 oleh Kemendagri dengan USAID.

Baca Juga: pelayanan publik
Menurut Kamsina, Progam ERAT mengharapkan adanya inovasi dari setiap daerah dalam melaksanakan pelayanan pada masyarakat. Dengan adanya program ini dapat memacu seluruh kabupaten/kota agar mempercepat pelayanan publiknya yang memang sangat dibutuhkan.

"Contoh saja di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ada inovasi 'Sikola Amma' Bapak' untuk menurunkan angka perkawinan usia sekolah dan sekaligus menurunkan angka stunting di Kabupaten Gowa," tuturnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa
"Inovasi lain yang juga digagas oleh Pemkab Gowa adalah 'Sahabat Lapor'. Inovasi ini kita mendapatkan Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMD dan BUMD Tahun 2021," ujarnya.

Sahabat Lapor ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Gowa dalam menyampaikan laporan melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

"Kami dari Pemkab Gowa mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada USAID atas kolaborasi program yang dicanangkan ini. Kita berharap ke depannya ada inovasi baru yang lebih baik lagi dari sebelumnya di Kabupaten Gowa," pungkasnya.

Baca juga:Wabup Gowa Sebut Dukungan TNI Bantu Percepat Pembangunan Daerah

Untuk diketahui selain Kabupaten Gowa, daerah yang juga menjadi fokus kajian Program ERAT diSulsel antara lain Kota Makassar, Kabupaten Barru, Luwu Timur dan Kepulauan Selayar.

Turut hadir mendampingi pada Lokakarya ini, Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Kepala BPKD Kabupaten Gowa, dan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Gowa.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3003 seconds (0.1#10.140)