Duh! Empat Peserta UTBK Unhas Kedapatan Berbuat Curang

Selasa, 07 Juli 2020 - 13:43 WIB
loading...
Duh! Empat Peserta UTBK Unhas Kedapatan Berbuat Curang
Pelaksanaan UTBK Unhas Makassar senantiasa diawasi dengan ketat guna mencegah terjadinya kecurangan. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Tim pengawas pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mengamankan sejumlah peserta yang kedapatan berbuat curang saat ujian hari pertama berlangsung pada Minggu (5/7/2020) lalu.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Unhas, Ishaq Rahman, mengatakan sedikitnya ada empat orang yang diketahui melanggar dengan sengaja memotret soal ujian di dalam layar monitor menggunakan handphone masing-masing.

Baca Juga: Minim Fasilitas, Ujian SBMPTN Berlangsung dengan Dua Cara

Ishaq belum merinci identitas ke empat peserta yang berbuat curang tersebut. "Kemarin (Minggu) kami masih menemukan ada peserta yang membawa handphone dan berusaha memotret soal. Ini langsung diamankan oleh pengawas," katanya, Selasa (7/7/2020).

Dari hasil pemeriksaan, Ishaq menyebut hasil jepretan soal ujian diakui mereka bakal dikirimkan ke seseorang yang masih diselidiki oleh pihak Unhas. "Sesuai dengan sistem operasional prosedur, segera dibuatkan berita acara ada pelanggaran berat. Alasannya peserta yang melanggar ini masih dipelajari tim kami," ungkap Ishaq.

Dia menjelaskan jika teknis pelaksanaan UTBK dibagi menjadi dua sesi per harinya. Pagi dan siang. Empat peserta itu disebutkan Ishaq didapat serentak pada proses ujian di sesi pagi hari, handphone yang digunakan untuk memotret soal ujian dibawa masuk ke dalam ruangan.

Padahal panitia dan tim pengawas telah mengingatkan sebelumnya agar seluruh perlengkapan pribadi peserta diititipkan ke panitia. "Kita tidak tahu dimana disembunyikan itu handphone, karena memang kita akui tidak ada pemeriksaan karena penerapan sosial distancing," sebut Ishaq.

Baca Juga: Heboh! Peserta SBMPTN Unhas Melahirkan di Toilet

Panitia pengawas lanjut Ishaq memastikan, keempat peserta pelanggar yang telah diketahui identitasnya akan gugur karena pelanggaran yang dilakukan. Selain itu, pihak panitia juga masih mempertimbangkan apakah akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk kelanjutan proses hukum pelanggar atau tidak.

Diketahui pelaksanaan ujian oleh Pusat UTBK Unhas berlangsung di 14 lokasi, dengan kapasitas 73 ruangan. Ujian ini akan berlangsung hingga Senin (14/7/2020). Hari kedua pelaksanaan Senin (6/7/2020) kemarin, panitia tidak lagi menemukan peserta yang melakukan kecurangan.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)