Cek Diri, Jangan Sampai Kita Termasuk 7 Manusia Terburuk Menurut Rasulullah

Jum'at, 10 Juli 2020 - 05:13 WIB
loading...
Cek Diri, Jangan Sampai Kita Termasuk 7 Manusia Terburuk Menurut Rasulullah
Dalam kehidupan kita, mungkin kerap tererat pada perbuatan nista dan tercela. Perbuatan-perbuatan tersebut terkadang tak bisa dihindari dan terus terulang hingga membuat dosa-dosa menggunung. Foto : Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Dalam kehidupan kita, mungkin kerap terjerat pada perbuatan nista dan tercela. Perbuatan-perbuatan tersebut terkadang tak bisa dihindari dan terus terulang hingga membuat dosa-dosa menggunung. Tobat menjadi jalan keluar terbaik, agar kita terhindar dari kriteria manusia paling buruk menurut Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam. Nausubillah.

Inilah kriteria manusia-manusia paling buruk dan sifat-sifat tercela yang harus kita hindari agar kita selamat di akhirat maupun di dunia. Baca : Keistimewaan Hari Senin: Hari Setor Amalan dan Pengampunan Dosa

1. Manusia yang Bermuka Dua
"Kalian akan mendapati seburuk-buruknya manusia adalah orang-orang yang bermuka dua. Dia mendatangi kelompok yang ini dengan satu wajah, dan mendatangi kelopok lainnya dengan wajah lainpula," (HR Mukhari dan Muslim). Dalam hal ini diumpamakan untuk orang-orang yang munafik. Sebab mereka tidak memiliki pendirian dan keteguhan dalam imannya. Sehingga apabila berkumpul dengan orang-orang shaleh, maka mereka seakan-akan menjadi bagian dari orang-orang shaleh tersebut. Akan tetapi apabila berkumpul dengan orang-orang kafir, ia bisa menjadi lebih dahsyat kefakirannya dibandingkan kaum kafir itu sendiri.

2. Manusia yang Ditakuti oleh Sesamanya karena Kejahatannya
"Wahai Aisyah, sungguh manusia buruk kedudukannya di sisi Allah SWT adalah seseorang yang ditinggalkan dan dijauhi oleh sesamanya semeta-mata mereka takut kepada kejahatannya, ". (HR Mukhari dan Muslim). Baca Juga : Kata Rasulullah 4 Golongan Manusia Ini, Tidak akan Disentuh Api Neraka

3. Manusia yang Enggan Sadar Terhadap Ayat Suci Alquran
Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam bersabda " Di antara manusia yang terburuk adalah seorang pendurhaka lagi kurang ajar yang membaca kitab Allah SWT namun tidak tersadarkan oleh satu pun dirinya," (HR Ahmad). Maksudnya adalah ketika ia membaca Al-Quran namun hatinya tidak sedikitpun tersentuh atau tersadarkan. Sehingga ia tidak mempan dengan nasihat dari Allah dikarenakan hatinya telah terkunci mati dari kebaikan.

4. Manusia yang Mendapati Hari Kiamat dan Menjadikan Kuburan Seperti Masjid
"Di antara manusia terburuk adalah mereka yang mendapati hari kiamat dan orang-orang yang menjadikan kuburan sebagai masjid," (HR Ibnu Hibban).

5. Manusia yang Mengambil Milik Orang lain Demi Gemerlap Dunia
" Di antara manusia yang paling buruk kedudukannya pada hari kiamat adalah seseorang hamba yang menghancurkan akhiratnya demi merebut harta dunia milik orang lain," (HR Ibnu Majah). Baca Lagi : 7 Pengikut Dajjal di Akhir Zaman, Diantaranya Pemuda yang Fasih Baca Alquran

6. Manusia yang Panjang Umurnya tapi Jelek Amal Perbuatannya
Suatu hari seseorang bertanya kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam, "Orang seperti apakah yang paling baik?," beliau menjawab "Orang yang panjang umurnya dan baik amalannya,". Dia bertanya lagi "lalu orang seperti apa yang paling buruk," Beliau menjawab "Orang yang panjang umurnya tapi jelek amal perbuatannya," (HR Tirmidzi).

7. Manusia yang Tidak Bisa Diharapkan Kebaikannya Justru Tidak Bisa Dirasa Aman dari Keburukanya
"Yang terbaik diantara kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya dan dirasa aman dari keburukannya. Sedangkan orang terburuk di antara kalian adalah orang yang tidak bisa diharapkan kebaikannya, justru tidak bisa dirasa aman dari keburukannya," (HR Tirmidzi).
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3513 seconds (0.1#10.140)